h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG KONTRASEPSI DENGAN PEMILIHAN METODE KONTRASEPSI DI DESA KEMBARAN BANYUMAS

3 Mei 2009

Dian Agustina

ABSTRAKSI

Untuk menekan laju penduduk Jateng yang tak terkendali  pemerintah mencanangkan program KB Nasional. Pengetahuan tentang alat / cara KB dan tempat pelayanan dapat mementukan seorang memilih kontrasepsi. Di Desa Kembaran Banyumas sebagian besar penduduknya merupakan PUS yang merupakan target penelitin.

Penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 651 ibu akseptor KB, dan sampel yang didapatkan sebanyak 86 ibu akseptor KB. Teknik samping yang digunakan penelitian ini adalah purposive sampling. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi chi square.

Pengetahuan ibu dengan kategori baik 73 responden (84,9%), kategori cukup 13 responden (15,1%). Sedangkan pemilihan metode kontrasepsi, responden memilih kondom 3 orang (3,5%), Pil 12 orang (14,0%), Suntik 49 orang (57%), Implant 4 orang (4,7%), IUD 13 orang (15,1%), dan Tubektomi 5 orang (5,8%). Dapat disimpulkan bahwa pengetahuan ibu tentang kontrasepsi di Desa Kembaran Banyumas pada umumnya baik dan responden terbanyak memilih metode suntik. Hasil analisis didapatkan χ2hitung = 2,218 , dibandingkan χ2tabel pada α= 0,05 dengan df = 5 sebesar 11,070 maka χ2 hitung < χ2 tabel, dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang kontrasepsi dengan pemilihan metode kontrasepsi.

Kata kunci : Pengetahuan, Kontrasepsi, Pilihan Metode Kontrasepsi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

16 komentar

  1. asslkm.wr.wb. Mba, bisa minta tolong kirim ke email saya. terima kasih atas bantuannya. wsslm


  2. ass..mnta tlong krm filenya ke email sya…mksh sya tnggu..


  3. ass…
    kk,aa,ibu,bapak,dulur
    tolong kirimin subcopy hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang kontrasepsi dengan pemilihan metode kontrasepsi


  4. tolong kirim full version’a dunk mba. thanks ya


  5. assalamualikum..
    tolong kirim KTI yang ini dong.
    saya butuh banget.
    makasih sebelumnya.


  6. tolong kirim yang lengkap yyy….


  7. ass…bisa minta tolong kirimi saya kti ini ga? saya pengen lebih mengrtahui isinya. kirim ke alamat email saya ya. makasih banyak…


  8. ass…bisa minta tolong kirimi saya kti ini ga? supaya saya bisa mengerti n tahu isinya. ke alamat email saya ya. makasih banyak…


  9. tolong kirimin filenya doong,,bwt gmbaran pnltian..
    thank’s


  10. ass….tolong dikirim yang lengkap kealamt email saya yaMAKASIH ea….


  11. ass.tolong dikirim yang lengkap kealamt email saya ya….pleaseeee….^_^ terimakasih aqw bth banget….


  12. mbak tolong kirimi KTI ini yang lengkap agar saya mempunyai bayangan tentang penulisan KTI.
    terima kasih sebelumnya…………..!!!!!!!!


  13. ass…bisa soft kopinya dikirim ke email saya kan…? makasih banyak…


  14. tolong soft kopi nya di kirim ke email saya yaa..lagi butuh bgt…makasih…


  15. tolong dikirim yang lengkap ke email sya tentang KTI ini, agar saya bisa mempelajarinya lebih dalam. terima kasih, saya butuh banget…


  16. tolong dunk krimin yah lengkap doc. biar ada gambaran



Tinggalkan komentar