h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN PERILAKU PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI PADA IBU-IBU KELOMPOK WANITA TANI HARAPAN MULYA DI CIAMIS JAWA BARAT

3 Mei 2009

Oka Amelia

ABSTRAKSI

Latar Belakang: Kanker payudara merupakan jenis kanker yang umum pada wanita, hampir sepertiga kanker yang didiagnosa pada wanita adalah kanker payudara. Hasil pengobatan sangat ditentukan oleh stadium penyakit saat pertama kali didiagnosis. Oleh karena upaya deteksi dini sangat penting untuk mendeteksi kanker payudara. Banyak kanker payudara terdeteksi oleh wanita itu sendiri, namun diperkirakan hanya 25% sampai 30% wanita melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan baik dan teratur setiap bulannya.

Tujuan: Penelitian ini ditujukan untuk memperoleh gambaran mengenai tingkat pengetahuan tentang kanker payudara dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri pada ibu-ibu kelompok wanita tani harapan mulya di Ciamis Jawa Barat.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian ini adalah ibu-ibu kelompok wanita tani Harapan Mulya berjumlah 60 orang. Penelitian berlangsung dari tanggal 18 Mei sampai dengan 3 Juni 2008. Analisa data dilakukan dengan analisis deskriptif dan untuk mencari hubungan digunakan uji korelasi Kendal tau.

Hasil: Sebanyak 71,7% ibu-ibu kelompok wanita tani Harapan Mulya memiliki tingkat pengetahuan yang kurang tentang kanker payudara, 26,7% responden memilki tingkat pengetahuan yang cukup, dan 1,6% memiliki tingkat pengetahuan yang baik tentang kanker payudara. Sebanyak 66,7% ibu-ibu kelompok wanita tani Harapan Mulya memiliki perilaku pemeriksaan payudara sendiri yang kurang tepat, 31,7% responden yang memiliki perilaku cukup tepat dan hanya 1,6% responden yang memiliki perilaku yang tepat dalam melakukan pemeriksaan payudara sendiri.

Kesimpulan: Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan tentang kanker payudara dengan perilaku pemeriksaan payudara sendiri pada ibu-ibu kelompok wanita tani Harapan Mulya di Ciamis Jawa Barat, p=0,000 (p<0,01)

Kata Kunci: Pengetahuan, kanker payudara, perilaku, pemeriksaan payudara sendiri.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

16 komentar

  1. Bole minta file lengkp’a yaah,pliss bwt melancrkan tgs kmpus aq,,krim ke email q yaa…


  2. tolong kirim yg lengkap di email saya,,,,, saya butuh reperensi HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN PERILAKU PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI PADA IBU-IBU KELOMPOK WANITA TANI HARAPAN MULYA DI CIAMIS JAWA BARAT..


  3. bisa minta tolong kirim infonya jg ya..di email saya, karena saya juga sdang tertarik dengan penelitian ini.trima kasih sebelumnya


  4. mintta tlong dkrim lengkapnya donk.,. bwt referensi tugas aq.,.,.,


  5. saya mahasiswi kebidanan Tarutung sedang melakukan penelitian tentang
    HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU PASANGAN USIA SUBUR TENTANG KANKER PAYUDARA DENGAN PERILAKU SADARI,tolong donk kirm data lengkapnya dari bab 1-bab v.thanks before


  6. minta tolong dong…. saya kirimin juga lewat email sebagai data pendukung untuk penelitian saya. terima kasih…


  7. TLONG D BUAT


  8. Mbak, boleh minta file lengkapny ga?? Tlg kirim k email sya ya, biar bsa jg tambahan referensi buat penelitian saya.. Makasih 🙂


  9. kirim ke email q donk!!!
    tQ…..GBU


  10. tolong minta kirim yang lengkap donk ke email sy…tx


  11. saya mau dkirimin data ini keemail saya…. untuk melengkapi penelitian saya.. mohan bantuannya.


  12. tolong kirimkan data yg lengkap ke email saya ya…
    TQ


  13. bisa mintol nga??tolong kirim data yang lebih lengkap lagi dong mengenai aborsi and ca mammae dong..kalau boleh sekalian contoh skripsinya yach…makacih


  14. tolong dong… saya dikirimin juga lewat email
    sebagai data pendukung
    untuk penelitian saya


  15. tolong minta di kirim ya lengkap nya donk ke email saya…
    plissss..
    pntg…..
    buat dukungan dan penguat penelitian saya


  16. bisa minta tlg pgen dapt info lgkp mengenai ca mamae sama aborsi dums…makacieh sblmx



Tinggalkan komentar