h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG RESIKO KECELAKAAN DENGAN PENCEGAHAN KECELAKAAN PADA ANAK TODDLER DI DESA GANDOK NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Dina Nurfitasari

ABSTRAKSI

Latar belakang : Kecelakaan dan cedera pada anak dapat terjadi dimana saja dan kapan saja. Setiap saat bahaya dapat mengintai anak, mulai dari tempat bermain, tempat tidur, mainan, benda-benda di sekitar rumah, cuaca, serangga dan hewan lain serta tumbuhan. Dalam hal ini orang tua di tuntut untuk lebih memberikan perhatian kepada anaknya agar terhindar dari kecelakaan.

Tujuan : Untuk mengetahui apakah ada hubungan tingkat pengetahuan orang tua tentang resiko kecelakaan dengan pencegahan kecelakaan pada anak toddler. Penelitian ini telah dilakukan pada tanggal 16 April 2008 di Desa Gandok Ngaglik Sleman Yogyakarta.

Jenis penelitian : Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional di mana pengukuran variabel dilakukan satu kali. Pengambilan sampel dengan cara sampling jenuh dengan responden sebanyak 32 orang dan pengambilan data menggunakan kuesioner tertutup dan uji statistik spearman rho (r) dengan taraf signifikansi 0,01.

Hasil penelitian : Dari hasil uji sperman rho (r) menunjukkan bahwa didapatkan hubungan antara pengetahuan orang tua dengan pencegahan kecelakaan dengan taraf signifikansi 0,01 dan hasil nilai korelasi (r)  sebesar 0,685.

Kata kunci : Pengetahuan, Kecelakaan, Pencegahan, Toddler.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

7 komentar

  1. maaf sebelumnya bisa mohon d kirimkan ke email saya full versionya? untuk sebagai bahan referensi. terima kasih.


  2. Tolong kirim lengkapnya ke saya sebagai bahan sumber pustaka bagi proposal saya


  3. mohon kirimkan lengkapnya di email saya sebagai tanbahan referensi penulisan skripsi saya


  4. tolong kirim yang lengkapnya ke email saya.


  5. tolong kirimi ke email sy……untuk melengkapi pustaka dalam menyelesaikan skripsi sy


  6. minta yang lengkap untuk bahan dan menjadi satu sumber pustaka saya dalam penyusunan skripsi yang bejudul gambaran pengetahuan ortu dalam upaya pencegahan kecelakaan pada balita..
    mohon dikirim ke alamat email saya
    makasih


  7. minta yang lengkap untuk bahan dan menjadi salah satu sumber pustaka saya dalam pembuatan KTI. mohon dikirim ke alamat email saya. terima kasih sebelumnya



Tinggalkan komentar