h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN REMAJA TENTANG HIV/AIDS DENGAN PERILAKU SEKSUAL REMAJA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 GONDANG KABUPATEN SRAGEN JAWA TENGAH

3 Mei 2009

Dwi Wahyuningtyas

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Perilaku seksual bebas remaja di Indonesia membutuhkan perhatian yang serius dari berbagai kalangan. Hal tersebut erat hubungannya dengan pengetahuan yang dimiliki oleh remaja mengenai kesehatan reproduksi. Perilaku reproduksi yang tidak sehat pada remaja seperti melakukan hubungan seksual di luar pernikahan yang tidak syah atau berganti-ganti pasangan yang dilakukan secara bebas, dapat mengakibatkan infeksi penyakit menular seksual termasuk HIV/AIDS. Dengan demikian kita perlu melindungi dan menyelamatkan para remaja kita demi masa depan mereka sebagai generasi bangsa yang sehat baik fisik maupun psikis.

Tujuan : untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS dengan perilaku seksual remaja.

Metodologi Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif korelasional dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Gondang, kabupaten Sragen. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 142 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kendall Tau.

Hasil : Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS dengan perilaku seksual remaja sebesar 40,1%. Hal ini berarti pengetahuan remaja tentang HIV/AIDS berpengaruh terhadap  perilaku seksual remaja sebesar 40,1%, sedangkan 59,9% perilaku seksual remaja dipengaruhi oleh faktor lain.

Kesimpulan : Sebagian besar pengetahuan remaja di SMAN 1 Gondang dalam kategori cukup baik (47,2%) dan perilaku seksual remaja termasuk dalam kategori baik (38%).

Kata Kunci : Pengetahuan, HIV/AIDS, Remaja, Perilaku, Seksual.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

25 komentar

  1. askum, skripsi yang kamu tulis berkaitan banget dengan dengan skripsi yang akan saya tulis..
    bagaimana caranya dapet copyan lengkapnya ya????
    saya tunggu banget…Hamdan Toha……matur nuwun…:)


  2. boleh minta file..lngkapnya…mhn bntuannya…lg btuh ne file..mksh


  3. boleh minta filenya. makasih


  4. boleh minta filenya gak?
    saya tertarik untuk meneliti ttg ini.


  5. siang,,
    bolehkah saya minta file tentang skripsi ini???saya mjohon kak,, untuk menambah data yang kurang pada tugas akhir saya..
    thank’s sebelumnya..


  6. mohon bantuannya untuk bisa dapat file lengkapnya yaa..
    terimakasih..


  7. assalam,.
    mas atau mbak,
    apha bsa sy mntaq copiannya,.
    klo soal biaya sy kompromiin kmn??


  8. askum, skripsi yang kamu tulis berkaitan banget dengan dengan skripsi yang akan saya tulis..
    tolong bantuannya y


  9. boleh minta filenya, saya butuh,,,,mohon bantuannya,,,, trm ksh sblmny


  10. bleh minta file skripsi ini selengkapnya ,,,, mhon bantuannya saya mmbutuhknny… trmaksh seblumnya


  11. tolong kirim ke e-mail saya donk,,, pliiissss!!!!


  12. Apa saya boleh minta data secara lengkap? Terimakasih


  13. assalamualaikum…
    bolehkah saya minta file tentang skripsi ini???saya mjohon kak,, untuk menambah data yang kurang pada tugas akhir saya..
    thank’s sebelumnya..
    wassalam…


  14. sya bleh mnta filenya gak buat panduan saya meyelesaikan skripsi jdulnya yg ini thankz…


  15. kak apakah bisa saya liat secara lengkap isinya terutama untuk bab1 dan 3


  16. apakah saya bisa mendapatkan skripsi ini secara lengkap?


  17. saya sangat tertarik dan membutuhkan info dari skripsi ini secara lengkap,

    apakah saya bisa mendapatkan copyan file na secara utuh?tolong di konfirmasi

    terimakasih


  18. saya tertarik dengan penelitian ini
    apakah anda bisa memberikan konsepnya yang lebih lengkap??klw bisa bagaimana caranya?


  19. askum, skripsi yang kamu tulis berkaitan banget dengan dengan skripsi yang akan saya tulis..
    bagaimana caranya dapet copyan lengkapnya ya????
    saya tunggu banget…
    thanks before…


  20. mbak minta tolong bahan yang lengkap guna referensi, STIKES Jambi. Tq


  21. pengen file yang lengkap dong gimana caranya??
    tolong balas ke email saya


  22. kek na cara mendapatkan skripsi ini, karan saya sangat tertarik dengan file ini,,
    saya mohon konfirmasinya,,
    trimks


  23. saya ingin ambil file skripsi ini selengkapnya…lengkap dengan kuesionernya…dmana sya bisa kirim uangnya???? filenya bisa dikrim dlm bentuk mc.word kan?? mohn bantuannya…


  24. saya tertarik dgn penelitian ini

    apakah anda bisa mmberikan konsepnya yang lebih lengkap. makasih


  25. judul yang sebelumnya saya ganti…dengan judul ini…apa saya bisa ambil file skripsi ini selengkapnya????



Tinggalkan komentar