h1

GAMBARAN PERILAKU CUCI TANGAN PERAWAT SELAMA PELAKSANAAN TINDAKAN KEPERAWATANDI RUANG ASY-SYFA BANGSAL PENYAKIT DALAM RSI AMAL SEHAT SRAGEN

3 Mei 2009

Nurul Khotimah

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Rumah sakit merupakan tempat merawat pasien dengan berbagai kondisi.  Keadaan ini memungkinkan terjadinya infeksi nosokomial. Salah Satu usaha pencegahan infeksi nosokomial adalah dengan cara cuci tangan

Tujuan Penelitian : untuk memperoleh gambaran perilaku cuci tangan perawat di Ruang Asyfa Rumah Sakit Amal Sehat Sragen

Metode Penelitian :. Penelitian in menggunakan metode diskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional.  Subjek penelitian adalah perawat pelaksana yang melakukan tindakan keperawatan saat dilakukan pengamatan. Pengumpulan data dengan cara observasi langsung dan menggunakan kuesioner.  Data hasil penelitian diolah dan disajikan dalam bentuk distribusi frekuensi

Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan perawat tentang cuci tangan tergolong baik (83,33%), pelaksanaan cuci tangan sebelum dan sesudah tindakan keperawatan sangat rendah (33,33%), cuci tangan sebelum melakukan tindakan tergolong rendah (8,3%). Kecakapan perawat dalam melakukan cuci tangan tergolong baik (58,33%).

Kesimpulan : Perilaku perawat dalam menerapkan cuci tangan selama pelaksanaan tindakan keperawatan tergolong rendah walaupun tingkat pengetahuan sudah cukup baik

Kata kunci        :  MenCuci Tangan, Perawat

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

25 komentar

  1. saya saya mencari bahan yg berhubungan dengan tindakan perawat di RS…. mohon bantuan_a ya!


  2. Bagaimana cara nya saya mendapatkan kerangka konsep kti anda???


  3. Ass… bagaimana cara mendapatkan skripsi ini GAMBARAN PELAKSANAAN CUCI TANGAN OLEH PERAWAT SEBELUM DAN SETELAH MELAKUKAN TINDAKAN KEPERAWATAN PADA PASIEN DI …. mohon balasannya soalnya saya sangat membutuhkan sebagai acuan saya dlm menyusun Skripsi…


  4. Saya ingin mengetahui lebih jauh tentang penelitian ini,mhn diberi info cara mendptkan file lengkapnya,apakah bisa di kirim ke email saya?,trimakasih.


  5. kak jdulnya bgus bsa bagi materinya


  6. mba boleh nda sher tentang skripsinya cuci tangan…
    pengen tau rederensinya dapat dimana n bisa minta izin kirimin skripsi cuci tangannya


  7. Saya tertarik dengan judul skripsi nya tapi gimana yaa cara download nya,,,,mohon dibalas di email saya yaaa saya tunggu secepatnya.


  8. saya berminat dgan skripsi anda gmna ya cara mendapatkannya,,,blas ke email saya ya……………


  9. saya suka dengan judul tersebut bisa krimkan file tersebut,makasih sebelumnya….


  10. gimana cara taunya?


  11. saya tertarik dgn judul skripsi ini,gimana caranya


  12. gmna cra dapetin file tentang cuci tangan tersebut? terimakasih


  13. Saya tertarik dengan judul skripsi saudari,minta tlg bagaimana cara mendapatkan file tersebut dengan lengkap,minta tolong dikrim ke email saya, terikasih sebelumnya..


  14. gi mn cra downdlodxx,,,


  15. salam..sy mau dapetin gmna cara nya mbak? trms


  16. Saya tertarik dengan judul skripsi saudari,minta tlg bagaimana cara mendapatkan file tersebut dengan lengkap,minta tolong dikrim ke email saya, terikasih sebelumnya..

    oleh agnes madianung, 2 Desember 2011


  17. Saya ingin mengetahui penelitian tentang pengetahuan perawat mengenai cuci tangan ini. Mohon info nya


  18. mas saya ingin tahu tentang skripsi mengenai cuci tangan


  19. mas saya ingin skripsi mencuci tangan perawat


  20. saya juga mau tentang skipsix
    coz saya g bingug cari judul nich


  21. saya tertarik dengan judul skripsi di atas, minta tlg donx?
    gimana cara mendapatkan file tersebut dengan lengkap dan minta tlg donx, dikirim di email saya?
    terima kasih sebelumnya….


  22. tolong ya?? mbak?? q ingin tau banget…


  23. tolong cara download data lengkapnya donk… plisss


  24. mba saya igin tau tentang sekripsi mb yan mengenaicuci tangan


  25. cara mendapatkan file ini



Tinggalkan komentar