HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA ASKES RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
4 Mei 2009HENI AGUSTINA
ABSTRAK
Rumah Sakit dituntut untuk selalu meningkatkan mutu pelayanan sesuai dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan. Kepuasan pasien sangat penting dalam kemajuan RS apabila pasien merasa puas akan kembali menggunakan jasa pelayanan. Dari tahun ke tahun biaya kesehatan selalu meningkat sejalan dengan perubahan pola penyakit. Asuransi kesehatan merupakan cara untuk mengatasi resiko dan ketidak pastian peristiwa sakit dan implikasi biaya-biaya yang diakibatkannya. Rumah sakit PKU salah satu RS swasta yang memberikan pelayanan bagi pasien peserta askes.Setelah melakukan study pendahuluan didapat 6 responden asuransi kesehatan miskin dari 6 tersebut didapat 4 responden yang mengatakan kurang puas dengan pelayanan kesehatan rawat inap kelas II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta askes rawat inap di RS PKU Muhammadiyah yogyakarta.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, penelitian ini bersifat deskriptif analitik. Dengan pendekatan cross sectional. Dengan pengambilan sampel porpusif sampling sebanyak 47 responden. Pengambilan data dengan kuesioner pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta askes Rawat Inap dengan skala likert yaitu sangat memuaskan, memuaskan, cukup memuaskan, tidak memuaskan, sangat tidak memuaskan.
Pengolahan data menggunakan Kendall Tau didapatkan korelasi sebesar 0,610 dengan signifikan 10% yang lebih kecil dari 1 % adalah Ho ditolak Ha diterima yang berarti ada hubungan antara pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien peserta askes Rawat inap. Sehingga semakin baik pelayanan kesehatan maka akan semakin tinggi kepuasan pasien peserta askes rawat inap.
Kata kunci : pelayanan kesehatan, kepuasan
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda
ass…
oleh Eka apit 21 November 2014 at 11:32bisa minta tolong kirim file lengkp tentang masalah ini,
terimakasih 🙂
waah kalau tahun 2008 masih baik mah askesnya,kalau sekrang dengan BPJS,Bikin Pasien Jadi Sengsara (di RS tertentu)
oleh macas20 13 Juli 2014 at 04:18aslkm,,
oleh Yustianto Hi Aras 3 September 2013 at 12:55slm mlm,,,
gmn caranya bsa kerja sama untuk
dalami judul anda..??
Bu Warsiti / atau redaktur situs ini minta tolong dikirim file lengkap maalah ini.Lalu kalau ada mahasiswa stikes yang mau mengadakan penelitian kepuasan pelanggan,kirimkan ke RSA Muntilan
oleh dr.Mohammad Was'an.SpS(K).QIA 29 Oktober 2012 at 14:56minta tlong kirimkn skripsi dengan judul HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA ASKES RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA…
oleh Yohakim 14 Februari 2012 at 04:04gimana caranya mau skripsi yg ini
oleh bujana 20 Maret 2010 at 13:06aku ni lagi nyusun skripsi, tp masih kurang refensi dan perbandingan. jdi aku mau minta tlong bantuin aku dengan file” atw contoh skripsi dengan judul faktor” yg b/d pemanfaatan kartu askes PNS atau studi ttg kepuasan pasien peserta askes PNS dalam mendpt yankes di……
oleh yan sanggenafa 9 Maret 2010 at 04:49boleh dong bantuin….klo perlu di kirim biaya ganti rugi pengetikan nanti gue kirimin. asal oke yaa…
gmn ya cr minta skripsi ini???
oleh shelvy 6 Februari 2010 at 06:25tolong dong sayna mu buat skripsi yg berjudul tentang HUBUNGAN POLA PENYAKIT GAKIN DENGAN KARAKTER PASIEN GAKIN YG RAWAT INAP DI RSU, saya butuh referensi untu buat kerangka teoritisnya,terima ksih
oleh yeyen 22 Mei 2009 at 03:54