h1

Analisis Tingkat Kepuasan Terhadap Pelayanan Jasa Kesehatan Rawat Jalan Poliklinik Kimia Farma Cabang PekalonganTahun 2007

4 Mei 2009

FA R U Z I

ABSTRAK

Perseroan terbatas (PT) Kimia Farma Cabang Pekalongan adalah suatu perusahaan yang mempunyai usaha disamping bidang kefarmasian juga mempunyai usaha di bidang pelayanan kesehatan, dalam hal ini telah dilaksanakan berupa Poli klinik Kimia Farma Cabang Pekalongan. Dalam menjalankan fungsinya di bidang klinik, maka yang menjadi tanggung jawab utama adalah bagaimana seorang manajer tersebut akan mampu menjamin sebuah pelayanan yang baik. Produk pelayanan harus dapat memuaskan pasien dan juga memuaskan dokter yang melakukan pelayanan kesehatan. Kunci keberhasilan pelayanan kesehatan yang baik adalah dengan melakukan cara yang baik, secara terus menerus dalam berbagai keadaan dengan diperlukan tenaga yang terampil, sarana dan prasarana yang baik serta sistem monitoring berkala yang memadai dalam pengelolaan klinik. Dalam menjalankan fungsi manajemen, manajer Poliklinik Kimia Farma Cabang Pekalongan memperhatikan upaya manajemen kebutuhan (demand), yang ditandai dengan skala prioritas dan penyediaan pelayanan waktu yang tepat. Manajemen mempunyai peran untuk melakukan perencanaan pengembangan dengan mengidentifikasi kesempatan yang ada,  mengevaluasi  manfaat bagi pelayanan pasien, dan perhitungan laba rugi pengembangan dan penilaian terhadap faktor lingkungan yang terkait.

Desain penelitian cross sectional melalui pendekatan observasional. Populasi ini adalah pasien rawat jalan dengan sampel diambil secara simple random sampling sebesar 100 pasien. Teknis analisis data menggunakan analisa Diagram Kartesius Analisa ini digunakan berdasarkan asumsi bahwa kepuasan pasien merupakan fungsi harapan pasien akan atribut penting dari status dimensi pelayanan dan kenyataan kinerja dari atribut tersebut.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: Keberadaan analisa pelayanan pada kuadran A ini dinilai sangat penting oleh pasien, sedangkan tingkat pelaksanaannya masih belum memuaskan. Analisa pelayanan adalah Prosedur pasien yang cepat dan tepat, Pelayanan yang sopan dan ramah dari perawat. Kepuasan pasien yang berada dalam kuadran B ini perlu dipertahankan, karena pada umumnya tingkat pelaksanaannya telah sesuai dengan kepentingan dan harapan pasien. Analisa pelayanan adalah Dokter dan perawat memberikan informasi yang mudah dimengerti, Pelayanan kepada semua pasien tanpa memandang status sosial.Kerapihan dan kebersihan penampilan perawat maupun dokter, Keamanan lingkungan poliklinik.Kuadran C dinilai masih dianggap kurang penting oleh pasien, sedangkan kualitas pelaksanaannya cukup baik. Analisa pelayanan yang termasuk dalam kuadran ini adalah :Pelayanan pemeriksaan dan pengobatan, Pengetahuan dan kemampuan para dokter menetapkan diagnosa penyakit, Perawat maupun dokter memberikan perhatian secara khusus kepada setiap pasien, Kelengkapan, kesiapan dan kebersihan alat-alat medis. Dalam kuadran D ini pasien menganggap tidak terlalu penting terhadap adanya atribut pelayanan, akan tetapi pelaksanaannya dilakukan dengan baik sekali.Analisa pelayanan yang termasuk dalam kuadran ini adalah : Jadwal pelayanan poliklinik dijalankan dengan tepat, Kemampuan dokter dan perawat, Kebersihan, kerapihan dan kenyamanan ruang pasien.

Kata Kunci: “Kepuasan, Jasa Pelayanan Kesehatan, Pasien Rawat Jalan”

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

4 komentar

  1. boleh liat lengkapnya gak..?


  2. boleh liat isinya nda


  3. bleh lhat slngkapx g???
    tks


  4. tolong review hasilnya,
    terima kasih



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 165 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: