h1

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AKSEPTOR KELUARGA BERENCANA DALAM PEMILIHAN PENGGUNAAN JENIS KONTRASEPSI IUD (Intra Uterine Device) DI KELURAHAN PRENGGAN, KECAMATAN KOTAGEDE, YOGYAKARTA, 2008

4 Mei 2009

Oleh : Dewi Haryani

ABSTRAK

Latar Belakang : Keluarga Berencana (KB) merupakan suatu cara yang efektif untuk mencegah mortalitas ibu dan anak karena dapat menolong pasangan suami istri menghindari kehamilan resiko tinggi. Berdasarkan data dari PLKB Kecamatan Kotagede tahun 2007 bahwa di Kelurahan Prenggan jumlah akseptor KB aktif sebanyak 1.507 orang, dan kontrasepsi IUD adalah kontrasepsi terbesar sebanyak 387 orang. Namun, berdasarkan observasi dilapangan di Kelurahan Prenggan bulan September 2007 terdapat data tentang akseptor IUD yang mengalami kegagalan pada penggunaan kontrasepsinya. Tujuan penelitian adalah Diketahuinya faktor-faktor yang mempengaruhi akseptor KB dalam pemilihan penggunaan jenis kontrasepsi IUD.

Metode Penelitian : Jenis Penelitian ini adalah Deskriptif Analitik dengan Studi Cross Sectional , yang dilaksanakan pada bulan Februari 2008. Sampel penelitian sebanyak 90 responden yang menggunakan kontrasepsi IUD, berdasarkan data PPKBD dan Sub PPKBD. Data yang dikumpulkan adalah tingkat ekonomi, tingkat pendidikan, pengetahuan, sikap, dan pemilihan penggunaan kontrasepsi IUD dengan menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan uji Regresi, dan analisa statistik menggunakan uji t-test dan uji ANOVA (uji F).

Hasil : Pengaruh antara faktor pendidikan terhadap pemilihan penggunaan kontrasepsi IUD, dari hasil analisis statistik didapat t hit > t tab (2,646 > 1,988), sehingga Ho ditolak dan secara statistik ada pengaruh yang bermakna. Pengaruh antara faktor ekonomi terhadap pemilihan penggunaan kontrasepsi IUD, dari hasil analisis statistik didapat t hit > t tab (2,332 > 1,988), sehingga Ho ditolak dan secara statistik ada pengaruh yang bermakna. Pengaruh antara faktor pengetahuan terhadap pemilihan penggunaan kontrasepsi IUD, dari hasil analisis statistik didapat t hit > t tab (2,675 > 1,988), sehingga Ho ditolak dan secara statistik ada pengaruh yang bermakna. Pengaruh antara faktor sikap terhadap pemilihan penggunaan kontrasepsi IUD, dari hasil analisis statistik didapat t hit > t tab (2,354 > 1,988), sehingga Ho ditolak dan secara statistik ada pengaruh yang bermakna. Kesimpulan : Ada pengaruh antara faktor Pendidikan, Ekonomi, Pengetahuan, dan Sikap terhadap pemilihan penggunaan kontrasepsi IUD.
Kata Kunci : Pendidikan, Ekonomi, Pengetahuan, Sikap, Penggunaan Kontrasepsi IUD, Akseptor KB

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

26 komentar

  1. saya sekarang mengambil judul mengenai faktor yang berhubungan dengan penggunaan alkon IUD, saya butuh materi lebih jauh dan untuk mendukung hipotesis saya..tolong dikirim kti full versionnya yaa.. terimakasih


  2. Saya juga minat untuk meneliti tentang iud,mohon dikirim full versionnya buat acuan pembelajaran


  3. tolong donk,,kirimin skripsi judul “Hubungan pengetahuan dan sikap pasien post partum dengan penggunaan KB IUD…
    buat skripsi qu nnti….


  4. bagus ne skripsi, minta tolong kirimin full yach…….. :):):)


  5. mba minta tolong kirimi skripsinya yang full version,,,,


  6. Kirim yg full version dnk..
    Thx


  7. tolong kirim yg full version donk..skripsix bgus…thx b4


  8. bagus bgt skripsix..
    tlong kirimi yg full version…
    thx sblumx 😀


  9. minta tolong kirimi KTI full versionnya tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan akseptor dalam memilih alat kontrasepsi KB implant y…


  10. tolong donk jurnal tentang komunikasi pada akseptor kb


  11. tolong kirim yang full version donk,…..


  12. saya tertarik untuk ambil judul tentang IUD,.
    tolong kirim data yang full version donk……


  13. saya tertarik dgn judul ni juga, karena saya juga akn membuat skripsi tentang KB..mohon di kirimi skripsi yang full version. sebagai bahan pembelajaran


  14. tolong ya, kirim file lengkapnya untuk bahan belajar dlm pmbuatan skripsi sy. trima kasih.


  15. saya tertarik dgn judul ni juga, karena saya juga akn membuat skripsi tentang KB..mohon di kirimi skripsi yang full version. sebagai bahan pembelajaran.


  16. tolong dong kirim proposal yang lengkap…….


  17. sy tertarik dengan skripsi anda. sy jg akan membuatskripsi, mohon dikirim full version… sebagai bahan acuan. makasih


  18. saya mau buat skripsi tentang maternitas, bingung buat jurnal nya… bantuan nya ya


  19. tolong kirim selengkapnya, mau jdikan acuan atau reprensi untk skripsi saya….mohon bantuannya kawan


  20. skripsinya bagus sekali, saya tertarik membaca full versionnya.Tolong kirimi saya yaa…thanks.


  21. mhon bantuannya k’…
    saya butuh sekali judul ini.pleaseeeeeeeeeeeeee
    krim k emailku.trma ksih


  22. bagus nie judulnya…. bisa kirimi skripsinya yang full version..


  23. saya tertarik dgn judul ini, kirimin lengkap donk k……….


  24. saya senang dengan skripsi ini, plis kirimin yang fullnya donx ………….


  25. plis aku suka judul ini bantu aku dunk


  26. tolong dong kirimi skripsinya yang full version,.



Tinggalkan komentar