h1

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KEBERSIHAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS I DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH UMUM GUNUNG JATI CIREBON

4 Mei 2009

OLEH: TUTI SOLEHA

ABSTRAK

Sampah Rumah Sakit Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Jati Cirebon mulai disadari sebagai bahan buangan yang dapat menimbulkan dampak kesehatan dan sebagai mata rantai penyebaran penyakit menular baik terhadap pasien yang tinggal, pengunjung, petugas rumah sakit itu sendiri maupun masyarakat sekitarnya  Disamping banyaknya buangan atau limbah yang dihasilkan Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Jati Cirebon mengakibatkan keluhan-keluhan dari pelanggan tentang ketidakpuasan yang disebabkan oleh karena peran pelayanan kebersihan  yang kurang optimal khususnya pada bangsal perawatan seperti kejadian di lapangan yang ditemukan penulis adanya buangan bekas makanan, minuman, puntung rokok, kondisi kamar mandi/WC yang kurang bersih sehingga menyababkan bau yang tidak sedap dan dari segi estetika tidak enak dipandang, dan sedang adanya pembangunan bangsal maternity baru serta perbaikan ruang perawatan yang akan di pakai kembali yang menyebabkan kebersihan yang dianggap kurang yang akhirnya citra dari Rumah Sakit itu sendiri akan menurun.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh kualitas pelayanan kebersihan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap kelas I di rumah Sakit Umum Daerah Gunung Jati Cirebon.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskripsi kuantitatif dengan rancangan cross sectional, sampel yang digunakan untuk mewakili populasi sejumlah 70 responden,dari pasien rawat inap kelas I, adapun yang menjadi variabel independent (bebas) adalah kualitas pelayanan kebersihan sedangkan yang menjadi variabel dependen (terikat) adalah tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Gunung Jati Cirebon. Pengambilan data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitas.Untuk menganalisis hasil penelitian menganalisis hasil penelitian menggunakan tehnik analisis regresi linier berganda dengan bantuan komputer program SPSS for windows Release 12,0 dengan uji statistic menggunakan uji T, uji F, koefisien korelasi (R) dan koefisien Determinasi (R²)

Karakteristik yang paling dominan dari responden adalah reponden laki-laki (55,7 %),alamat Kab / Kota Cirebon (60 %),pendidikan terakhir SMU (45,7 %),jenis pekerjaan PNS/TNI/POLRI (45,7%) dan dengan jenis pembayaran Askes (45,7%).Hasil Persamaan regresi linier berganda yaitu Y= 8,335 + -0,144 + 0,676 + 0,064 + 0,601 + 0,873. hasil pada perhitungan uji T kualitas pelayanan kebersihan yang secara individual hanyalah pada dimensi Tangibless dengan nilai Sig < nilai alpha yaitu 0,005 < 0,05,sedang hasil uji F secara serempak kualitas pelayanan kebersihan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap,hasil R=0,0827 maka koefisisen korelasinya sangat kuat,R²=0,684 artinya 68,4%

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Kebersihan, Tingkat Kepuasan Rawat   Inap

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

10 komentar

  1. mohon kirim isi lengkap nya, terimakasi


  2. boleh minta yang lengkap dong untuk bahan skripsi, trm ksh sebelumnya


  3. minta yang lengkap dong…


  4. Kalo bisa judul-judul diatasi bisa di kirimkan via email


  5. Mnta yg lengkap donk,,


  6. mintk skripsinya yg lengkap dong untk kelancaran skripsi


  7. mintak skripsi nya yang lengkap dong ini untuk kelancaran skripsi


  8. bagus kali skripsi nya mntak yang lengkap dong unk kelancaran penulisan skripsi ku


  9. tolong minta skripsi diatas yang lengkap dong


  10. minta skripsi tentang topik diatas yang lengkap dong…..



Tinggalkan komentar