PENGARUH KUALITAS PELAYANAN APOTEK TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2008
4 Mei 2009NADIA AYU WANGI
ABSTRAK
Latar Belakang : Rumah sakit merupakan bagian tak terpisahkan dari tatanan pelayanan kesehatan di Indonesia, yang bertujuan untuk menyehatkan bangsa ini. Perlu dibentuk jaringan kerjasama antara berbagai institusi kesehatan yang ada, baik dalam kegiatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pasien yang datang ke rumah sakit untuk berobat akan mandapat diagnosis dari dokter dan sekaligus mengambil obat di apotek. Baik tidaknya kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas apotek kepada pasien mempengaruhi kepuasan pasien di rumah sakit tersebut. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan apotek terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta, mengetahui pengaruh faktor Responsiveness, Reliability, Assurance, Emphaty, Tangibles terhadap tingkat kepuasan pasien di RSUD Kota Yogyakarta.
Metode : Jenis penelitian yang dipakai peneliti adalah non eksperimen, bersifat asosiatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih, dengan rancangan penelitian cross sectional. Dari populasi 2.237 pasien, peneliti mengambil sampel sebanyak 96 pasien dengan taraf kesalahan 10 % khususnya pasien rawat jalan di Poliklinik Dalam yang mendapat pelayanan apotek di RSUD Kota Yogyakarta. Dalam pengambilan sampel ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling, yang didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti sendiri, berdasarkan ciri atau sifat-sifat populasi yang sudah diketahui sebelumnya. Alat yang digunakan kuesioner dengan pertanyaan untuk mengukur Kualitas Pelayanan Apotek dan Kepuasan Pasien dengan menggunakan skala Likert, yang masing-masing terdiri dari 25 item pertanyaan dan 22 item pertanyaan. Uji statistik menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan Regresi Linier Berganda.
Hasil : Dari hasil penelitian diketahui bahwa F hitung > F tabel (19,668 > 2,33), sedangkan p < α (0,000 < 0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,522 atau 52,2% variabel independen (kualitas pelayanan apotek) berpengaruh terhadap variabel dependen (kepuasan pasien), sedangkan sisanya kepuasan pasien dipengaruhi oleh faktor lain, yaitu sebesar 47,8%. Dimensi pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah pelayanan emphaty. Hal ini dibuktikan dengan nilai r-parsial dan t-test pada pelayanan emphaty adalah yang tertinggi. Sedangkan tingkat signifikansi dari pelayanan emphaty adalah yang terendah, yaitu sebesar 2,715 dan signifikansinya 0,008. Dengan persamaan regresinya adalah Y = 48,073 + 0,475 X1 + 0,303 X2 + 0,136 X3 + 0,392 X4 + 0,147 X5.
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Apotek, Kepuasan Pasien.
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda
boleh minta data lengkapnya gk, klau boleh minta tolong kirimkan data lengkapnya di email saya
oleh Bram mono 20 Mei 2016 at 09:57saya tertarik dengan penelitian ini, boleh minta yang lengkap?
oleh Marni 4 Maret 2016 at 23:26saya butuh banget nih buat penelitian saya tentang apotek. tolong kirimkan data lengkapnya penelitian yang ini. tolong kirim ke email saya.
oleh Widhi Afriandy 5 November 2014 at 17:18boleh saya melihat secara keseluruhannya?trimakasih
oleh arif 20 September 2013 at 00:44Saya tertarik sekali dengan penelitian ini. Bisa tolong kirimkan data lengkapnya ke email saya?
oleh Reren 27 Mei 2013 at 08:29tlg krm ke email sy ya,
oleh teti 19 November 2012 at 08:06ditunggu ya
oleh teti 19 November 2012 at 07:57Mau donk… selengkap lengkap nya… ^^
oleh Tiya Kusumawardani 13 Februari 2012 at 05:02