h1

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT PERILAKU PASIEN RAWAT INAP DI POLI OBSGYN RSU AISYIYAH DIPONEGORO PONOROGO

4 Mei 2009

Nur Widy Cahyani

ABSTRAK

Rumah sakit dapat diketahui dari penampilan profesional personil rumah sakit, efisiensi dan efektifitas pelayanan serta kepuasan pasien. Kepuasan pasien ditentukan oleh keseluruhan pelayanan admisi, dokter, perawat, pemeliharaan/kebersihan serta makanan. Telah banyak dilakukan penelitian tentang kepuasan pasien rumah sakit agar pelayanan rumah sakit dapat ditingkatkan sesuai kebutuhan pasien.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan (Masuk rumah sakit, pelayanan perawat, pemeliharaan rumah sakit/kebersihan, pelayanan dokter, pelayanan makanan) terhadap kepuasan dan minat perilaku pasien rawat inap di poli obsgyn serta variabel dominan yang mempengaruhi kepuasan dan minat perilaku pasien rawat inap di poli obsgyn RSU Aisyiyah Diponegoro Ponorogo.

Jenis penelitian ini adalah merupakan penelitian non eksperimental (observasional) berupa penelitian asosiatif dan penelitian ini dengan menggunakan rancangan Cross Sectional Survey. Subjek penelitian ini adalah pasien rawat inap di poli obsgyn RSU Aisyiyah Diponegoro Ponorogo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien rawat inap di poli obsgyn yang berjumlah 90. Sampel diambil dengan menggunakan metode Simple Random Sampling. Besarnya jumlah sampel yang diambil adalah 47 orang. Variabel yang diukur menggunakan skala likert. Pengolahan data dengan program SPSS 11.5 dengan analisis deskriptif dan pengujian hipotesis dengan analisis regesi linier berganda.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan (2) Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat perilaku pasien (3) Variabel yang dominan mempengaruhi kepuasan adalah pemeliharaan rumah sakit/kebersihan, sedangkan variabel yang dominan mempengaruhi minat perilaku pasien adalah pelayanan perawat.

Kata kunci : Kualitas pelayanan, kepuasan, minat perilaku pasien.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. saya tertarik dengan skripsi ini mohon dikirim ke alamat email saya di senia_41th@yahoo.com


  2. saya sangat ingin membca selengkapanya tolong di kirim ke email saya

    terima kasih


  3. tolong kirimin yg full dong min ke email saya


  4. assalamu’alaikum wr wb
    saya tertarik untuk mempelajari lbh lnjut ttg penelitian ini, apakah sya bisa mendapatkan full text nya?atau ada no cantact dari penulis?terima kasih
    Dr. Wisnu Sri Nurwening
    mahasiswa Pasca sarjana FKM UI



Tinggalkan komentar