h1

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT PERILAKU PASIEN DI INSTALASI RAWAT INAP RSU SURYA HUDAHA DENPASAR TAHUN 2008

4 Mei 2009

Oleh : Luh Gede Wiwik Darmini

ABSTRAK

Pelayanan rawat inap merupakan pelayanan medis yang utama di rumah sakit dan merupakan tempat untuk interaksi antara pasien dan rumah sakit berlangsung dalam waktu yang lama. Pada tahun 2007 data pencapaian indikator pelayanan di RSU Surya Husadha adalah sebagai berikut : BOR 79,25%, LOS 3,76 hari, TOI 0,99 hari, BTO 71,79 kali, NDR 3,54 permil, GDR 10,05 permil. Berdasarkan pencapaian indikator tersebut RSU Surya Husadha dikatakan baik dan efisien. Namun kategori baik dan efisien tersebut menjadikan pertanyaan, apakah hal ini disebabkan oleh faktor internal seperti kualitas pelayanan, apakah disebabkan oleh faktor eksternal karena masyarakat pengguna jasa RSU Surya Husadha tidak ada pilihan karena rumah sakit lainnya penuh, ataukah karena faktor lain yang menyebabkan kinerja rumah sakit demikian baiknya.

Penelitian ini secara umum mempunyai tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan minat perilaku pasien di Instalasi Rawat Inap RSU Surya Husadha Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi berganda  dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien rawat inap di Unit Obstetry dan Ginekologi RSU Surya Husadha Denpasar sebanyak 135 orang.

Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan kuesioner kualitas pelayanan dari segi sarana fisik, admission, perawat, dokter, kebersihan, discharge dan makanan yang telah diujicobakan dengan nilai validitas 0,564 sampai dengan 0,850 (p<0,05) dan reliabilitasnya 0,979.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan spesifik (sarana fisik, admission, perawat, dokter, kebersihan, discharge, dan makanan) dengan kepuasan pasien di unit Obstetry dan Ginekologi RSU Surya Husadha Denpasar. Ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan spesifik (sarana fisik, admission, perawat, dokter, kebersihan, dan discharge) dengan minat perilaku pasien di unit Obstetry dan Ginekologi RSU Surya Husadha Denpasar. Dan tidak ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan makanan dengan minat perilaku pasien di unit Obstetry dan Ginekologi RSU Surya Husadha Denpasar. Serta ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan dimana nilai nilai F hitung          (7,804) > F tabel (2,086)  dan ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan dengan minat perilaku pasien rawat inap di RSU Surya Husadha Denpasar dimana nilai F hitung (3,551) > F tabel (2,086).  Saran yang disampaikan adalah diperlukan adanya peningkatan produktivitas kerja karyawan secara berkesinambungan agar kualitas pelayanan tetap terjaga.

Kata Kunci :  Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien, Minat Perilaku Pasien. Pasien Rawat Inap, Crossectional, Regresi.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: