h1

PENGARUH MUTU PELAYANAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSUP Dr. SOERADJI TIRTONEGORO KLATEN 2008

4 Mei 2009

FITRA ANDRIYANI

ABSTRAK

Penelitian ini untuk mengetahui mutu pelayanan perawat, kepuasan pasien terhadap pelayanan perawat di ruang rawat inap kelas III, serta  mengetahui pengaruh mutu pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten.

Jenis penelitian ini adalah penelitan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan yang memperoleh pelayanan perawat di ruang rawat inap kelas III yakni pada bangsal E,F,G,GPL di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten pada bulan maret tahun 2008 serta memenuhi kriteria sebagai subyek penelitian. Sedangkan sampel penelitian diambil dari konsumen (pasien) yang secara langsung memperoleh pelayanan dari perawat atau turut serta menikmati pelayanan perawat di ruang rawat inap kelas III di Rumah Sakit Umum Pusat Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten selama akhir bulan April sampai dengan akhir bulan Mei 2008. Jumlah sampel adalah 180 sampel. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan  teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas terhadap variabel mutu pelayanan perawat dan kepuasan pasien. Analisis data menggunakan analisis statistik regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 11,5.

Hasil pengujian secara serempak didapatkan hasil F hitung > F tabel (100,652 > 2,27) menunjukkan bahwa variabel mutu pelayanan perawat berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pasien adalah dimensi responsiveness, dengan nilai t test sebesar 5,320.

Kata kunci   : mutu pelayanan perawat, kepuasan pasien

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. ass. saya ingin file skrip ini, mudah mudahan boleh ya…. thx,,


  2. mnta file lengkapnya boleeh….mkch..
    blz ea….


  3. ada bab1 2 3 lah frend,…………… thank,, blz


  4. saya ingin mendapatkan lengkapnya skripsi pengaruh mutu pelayanan perawat terhadap kepuasan pasien rawat inap kls III DI RSUP Dr.soeradji tirtonegiro klanten 2008



Tinggalkan komentar