h1

PENGARUH MUTU PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RSD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA

4 Mei 2009

TRI HASNAWATI

ABSTRAK

Latar belakang : Hasil observasi langsung, adanya penemuan fenomena berupa keluhan pasien mengenai banyaknya antrian, sikap petugas yang kurang ramah, serta lamanya pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan di RSD Panembahan Senopati Bantul.Tujuan  : Untuk mengetahui pengaruh mutu pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan dengan kepuasan pasien di RSD Panembahan Senopati Bantul.

Metode Penelitian  : Merupakan penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasinya pasien rawat jalan RSD Panembahan Senopati Bantul dengan sampel penelitian sejumlah 100 responden yang didapat secara purposive sampling yang memenuhi kriteria subyek penelitian, tempat penelitian di ruang tunggu pasien rawat jalan RSD Panembahan Senopati Bantul, waktu penelitian pada tanggal 7 sampai 22 Mei 2008. Variabel bebas adalah mutu pelayanan pendaftaran yang meliputi dimensi kompetensi teknis, akses terhadap pelayanan, efektifitas, keamanan, kenyamanan dan variabel terikat adalah kepuasan pasien. Alat ukur penelitian berupa kuesioner yang terdiri 26 item pertanyaan, yang sebelumnya telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas.

Kesimpulan  : : (1) Dari tabel koefisien analisis regresi dapat diketahui persamaan umum regresi dimana variabel  yang paling berpengaruh adalah variabel kenyamanan sebesar 0.284 dan di ikuti variabel kompetensi teknis, akses, efektivitas dan keamanan, maka persamaan umum regresinya adalah Y = 6.295 + 0.233X1 + 0.215X2 + 0.214X3 + 0.206X4 + 0.284X5. (2) Ada pengaruh antara pengaruh dimensi mutu yang meliputi variabel kompetensi teknis, akses, efektivitas, kemanan dan kenyamanan terhadap kepuasan pasien di RSD Panembahan Senopati Bantul.

Kata Kunci  : Mutu Pelayanan Pendaftaran, Kepuasan Pasien.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

5 komentar

  1. saya butuh buat tugas akhir moho dikirim selengkapnya… terimakasiiih^_^


  2. sy lg mo nyusun KTI ni,,tp lg bingung,,Nah saya tertarik ma judul diatas,,minta tolong dong kirimi format lengkap nya ma kuesionernya jg,,terima kasih


  3. Boleh dpt lengkapnya ga? Buat referensi bikin KTA. Trimakasih sebelum dan sesudahnya


  4. skripsix boleh jg..n boleh minta ndak..buat tgs pkl sy mbak..sy jg jurusan pmik..


  5. sy minta tolong kirimi skripsi lengkapnya beserta kuesionernya,soalnya sy bingung nich buat skripsi..minta bantuannya y…mkasih sebelumnya..



Tinggalkan komentar