h1

PENGARUH PELATIHAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PERAWAT DI RSUD KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2008

4 Mei 2009

ISTIKA DWI KUSUMANINGRUM

ABSTRAK

Rumah sakit adalah lembaga yang memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pada dasarnya untuk meningkatkan produktivitas tenaga kerja perlu adanya pelatihan, karena pelatihan berkaitan dengan keahlian dan kemampuan pegawai untuk melaksanakan pekerjaannya. SDM juga mempunyai peranan yang sangat penting karena SDM yang berkualitas dapat meningkatkan produktivitas kerja dan daya saing yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap produktivitas kerja perawat di RSUD Kota Yogyakarta.

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif non eksperimental, dengan rancangan cross sectional survey. Populasinya adalah tenaga keperawatan yang telah menjadi PNS sebesar 109 perawat, sampel yang digunakan adalah 85 perawat. Metode analisis data yang digunakan adalah menggunakan teknik statistic regresi dengan menggunakan program SPSS 11 for Windows, model analisisnya menggunakan regresi linier sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pelatihan SDM terhadap produktivitas kerja perawat sebesar 0,633 (63,3 %). Pelatihan SDM mempunyai hubungan terhadap produktivitas kerja yang positif sebesar R=0,472 dan dapat dikategorikan dalam hubungan yang cukup kuat yaitu 0,400-0,599. Sedangkan pengaruh yang signifikan antara pelatihan SDM terhadap produktivitas kerja perawat terbukti yaitu ditunjukkan dengan adanya pengaruh yang signifikan dengan nilai F-hitung > F-tabel (23,808 > 3,96).

Kata Kunci: Pelatihan SDM, Produktivitas Kerja, Perawat

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

12 komentar

  1. Tolong minta petunjuk bagaimana untuk bisa segera mendapatkan copy an file skripsi tdi atas agar bs di pahami kseluruhan scr lengkap dan detail.tk


  2. proposal ini sungguh sangat membantu kami untuk kinerja saya yang kebetulan kerja di bidang kesehatan,mohon segera di kirim proposal tersebut ke alamat email saya.tks


  3. sy minta skripsi lengkapnya,gmn crnya…


  4. ass….. gmn crax bisa liat keseluruhan skripsix. tkb


  5. sy minta tlong skripsi lengkapnya. bgmn caranya? tanks


  6. boleh minta contoh skiripsi lengkapnya??


  7. Boleh minta skripsi lengkapnya. Untuk menambah pengetahuan saya tentang judul skripsinya. Terima kasih sebelumnya. tolong email ke saya.


  8. Ass Kum,,BIsa minta tolong kirim skripi ini gak,saya lagi mau mencoba skripsi tentang ini,,,makasi sebelumnya


  9. Boleh gak skripsi ini saya miliki, bgm caraya???


  10. maaf sblm nya, saya menginginkan skripsi ini…
    tolong krim ke email saya, yang lengkap!!!
    untuk nmbah pengetahuan saya di bidang keperawatan..
    thanks yach sebelum nya …


  11. maaf sblm nya, saya menginginkan skripsi ini…
    tolong krim ke email saya, yang lengkap!!!
    untuk nmbah pengetahuan saya di bidang keperawatan..
    mkasih…


  12. saya menginginkan skripsi ini,gmn caranya?



Tinggalkan komentar