FAKTOR-FAKTOR KUALITAS PELAYANAN YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS II DI RUMAH SAKIT BETHESDA YOGYAKARTA TAHUN 2008
4 Mei 2009ABSTRAK
Latar Belakang : Penelitian tentang kepuasan merupakan hal yang sangat penting khususnya bagi sebuah rumah sakit. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa keberhasilan sebuah rumah sakit tergantung pada diterima atau tidaknya produk jasa pelayanan kesehatan yang ditawarkan kepada pasien. Dan Rumah Sakit Bethesda selaku rumah sakit swasta yang berdiri dibawah YAKKUM memiliki paradigma yang positif dimata masyarakat, namun berdasarkan hasil wawancara kepada 10 orang pasien 6 orang mengatakan kurang puas dengan pelayanan yang ada di rawat inap kelas II Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, padahal pasien telah membayar biaya yang lebih besar dibandingkan pasien kelas III tetapi pelayanan yang diterima pasien sama saja seperti yang diterima oleh pasien rawat inap kelas III.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap kelas II, mengetahui pengaruh persepsi pasien terhadap kualitas pelayanan dan kepuasan pasien dan faktor yang paling dominan dari kualitas pelayanan rawat inap kelas II di Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.
Metodelogi Penelitian : Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan cross sectional. Obyek penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas II Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta dengan sampel penelitian sejumlah 71 responden, dengan teknik pengambilan secara purposive sampling yang memenuhi kriteria subjek penelitian, tempat penelitian di ruang rawat inap kelas II Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta, waktu penelitian pada bulan Maret-Mei 2008.
Hasil : Penelitian ini menujukkan bahwa hubungan antara variabel kualitas pelayanan dokter, perawat, administrasi masuk, gizi, kebersihan, administrasi keluar rumah sakit (X) dengan variabel kepuasan pasien rawat inap kelas II (Y) menunjukkan hubungan yang sangat kuat sebesar 0,984 dan Dari hasil analisis regresi linier berganda diketahui R square (R2) = 0,968, angka ini menunjukkan bahwa variabel independen secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel dependen adalah sebesar 96,8% melalui persamaan regresi :
Y = -2,211+1,82X1+2,691 X2+1,387X3+0,569X4+0,910X5+0,603X6 berdasarkan nilai t hitung sebesar 8,509 bahwa kualitas pelayanan perawat yang paling dominan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas II Rumah Sakit Bethesda Yogyakarta.
Kata Kunci : Faktor-faktor kualitas pelayana, kepuasan pasien rawat inap.
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda
boleh ngak mintak tolong kirim skipsi yang diatas
oleh acu 26 Agustus 2015 at 03:05boleh gak minta tolong kirimin skripsi yg d atas
oleh sutiningsih 15 April 2015 at 17:06boleh ngak minta tolong kirimkan skripsi yang diatas
oleh haslinda 9 Februari 2014 at 10:50boleh ngak mintak tolong kirim skipsi yang diatas
oleh muslim 20 Oktober 2009 at 02:44