h1

STRATEGI HUMAS DAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT KRISTEN NGESTI WALUYO PARAKAN TEMANGGUNG

4 Mei 2009

OLEH: THEODORUS SUMARKO

ABSTRAKSI

Rumah sakit merupakan lembaga kesehatan yang mempunyai orientasi pada kegiatan dan pelayanan terhadap masyarakat yang tidak mengutamakan laba. Dalam perkembangannya, beberapa rumah sakit menghadapi permasalahan dibidang keuangan, terutama untuk membiayai operasionalnya Di Los Angeles, Northridge Hospital pada tahun 1981 telah merancang sedemikian rupa  sehingga rumah sakit tersebut bisa mencapai keuntungan sampai 12 % dengan fasilitas 73 tempat tidur. Di NewYork, Columbia – Presbyterian Hospital berharap dapat memanfaatkan kurangnya perumahan di Manhattan dengan mendirikan apartemen  kondominium. Sedangkan di Dallas, Baylor University Medical center memiliki empat rumah sakit lain, sebuah perusahaan konstruksi , sebuah perusahaan asuransi, sebuah bangunan perkantoran , sebuah hotel , sebuah pemandian air panas dan tiga restoran. Meskipun jumlah investasi seperti itu pada rumah sakit masih kecil , jumlah tersebut bertambah, Sebagai tambahan lusinan rumah sakit nirlaba membuat bisnis  yang mengejar laba ( profit seeking ), membayar pajak    ( tax paying ) penjualan, diluar rumah sakit, pelayanan yang berkaitan erat dengan yang telah disediakan oleh institusi tersebut.Rumah sakit menyelenggarakan proyek perumahan pensiun, menyediakan pelayanan kesehatan dirumah yang membantu masyarakat untuk berhenti merokok, mengurangi berat badan dan menangani stres ; memiliki perusahaan yang menghasilkan obat – obatan dan jasa laboratorium dan bahkan menjual kepada rumah sakit lainnya  ketrampilan manajemen untuk mengembangkan perusahaan – perusahaan semacam ini.Diantara 7.000 rumah sakit nirlaba milik pemerintah, yang kebanyakan  berpandangan bahwa status pajak memungkinkan untuk mengabaikan masalah laba. Seorang yang pertama kali berpikir seperti pengusaha yang bijak adalah  Robin E MacStravic yaitu seorang profesor administrasi jasa kesehatan di University of Washington di Seattle. Menurut pendapat Robin E MacStravic hanya  sedikit rumah sakit yang akan bertahan bila mereka hanya semata – mata bergantung pada perawatan pasien untuk memperoleh laba. Rumah sakit pendidikan  dan riset  di NewYork yang prestisius melayani banyak penduduk miskin di utara Manhattan, baru – baru ini membayar 7 juta dollar untuk sebuah bangunan rumah sakit didaerah tengah kota yang lebih makmur.( Basu Swastha  : 1997 ).

Di Jawa Tengah terutama di kota Temanggung terdapat 4 rumah sakit, salah satunya yaitu Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo – Parakan. Rumah sakit ini berdiri sejak tahun 1955. Rumah sakit ini dulunya adalah hanya merupakan suatu Poliklinik dan BKIA, yang kemudian berkembang menjadi suatu rumah sakit  besar. Di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo – Parakan ini selain melayani  pasien juga merupakan pusat pendidikan para perawat yang didik untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan. Pada awalnya rumah sakit menggunakan upaya Humas dan Pemasaran hanya untuk mencari dana dan meningkatkan komunikasi dengan masyarakat, akan tetapi perkembangan selanjutnya rumah sakit melakukan analisis Humas dan Pemasaran yang lebih luas untuk  mengetahui perilaku masyarakat, pengguna jasa, pengembangan pelayanan baru, penarifan, mengidentifikasi peluang, memperbaiki komunikasi antar staf dan karyawan, antar pengguna jasa  rumah sakit, serta menyusun strategi Humas dan Pemasaran yang lebih efisien.

Kegiatan Humas dan Pemasaran di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan dilaksanakan oleh seluruh karyawan  dan dikoordinir oleh seorang yang ditunjuk oleh manajemen rumah sakit. Pemasaran rumah sakit tidak hanya didorong untuk mencari laba tetapi juga diarahkan untuk mengembangkan kepuasan pasien, perawat dan karyawan. Dan kami tertarik untuk meneliti Strategi Humas dan Pemasaran di rumah sakit ini karena kunjungan rumah sakit di Tahun 2004  ke Tahun 2005  dan Tahun 2006 menurun . Dengan Jumlah kunjungan penderita Tahun 2004 : 39127 penderita , Tahun 2005 :34586 penderita dan di Tahun 2006 : 36467 penderita

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

9 komentar

  1. saya ingin mencari bahan untuk tesis strategi pemasaran RS swasta.


  2. karya tulis yang sangat menarik. Kami perlu belajar banyak mengenai humas dan pemasaran. mohon dapat dikirimkan artikel lengkap pada kami. terima kasih.


  3. Blh tau slengkpny gk sy gi menyusun skripsi ni sy saat ini bkerja d rs atas bantuanny sy ucapkn terima kasih


  4. Saya mahasiswa komunikasi semester VIII, saya bertujuan untuk mencari bahan referensi tentang skripsi saya yang berjudul “Strategi komunikasi Humas Rumah Sakit Bina Sehat Jember Terhadap pencitraan di Masyarakat “, Mohon kiranya membantu saya untuk mendapatkan referensi sesuai judul skripsi saya di atas.
    Demikian saya sampaikan trimakasih.


  5. Tolong kirimkan sya detail artikel diatas,tks


  6. tolong kirimkan “STRATEGI HUMAS DAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT KRISTEN NGESTI WALUYO PARAKAN TEMANGGUNG”
    secara lengkap


  7. mohon dikirim naskah lengkap


  8. Saya ingin mencari bahan skripsi. mohon bantuannya dalam memberikan bahan skripsi dengan judul “Strategi humas dan pemasaran di rumah sakit kristen ngesti waluyo parakan temanggung”.


  9. Saya Mahasiswa Semester IX bertujuan mencari bahan utk skripsi, dan saya bekerja di suatu instansi pada rumah sakit. Mohon kiranya utk dapat membantu saya dalam meberikan bahan utk skripsi sesuai denagn judul di bawah ini:
    “STRATEGI HUMAS DAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT KRISTEN NGESTI WALUYO PARAKAN TEMANGGUNG”
    Demikian saya ucapkan terimakasih atas bantuannya.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 165 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: