STRATEGI HUMAS DAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT KRISTEN NGESTI WALUYO PARAKAN TEMANGGUNG
4 Mei 2009OLEH: THEODORUS SUMARKO
ABSTRAKSI
Rumah sakit merupakan lembaga kesehatan yang mempunyai orientasi pada kegiatan dan pelayanan terhadap masyarakat yang tidak mengutamakan laba. Dalam perkembangannya, beberapa rumah sakit menghadapi permasalahan dibidang keuangan, terutama untuk membiayai operasionalnya Di Los Angeles, Northridge Hospital pada tahun 1981 telah merancang sedemikian rupa sehingga rumah sakit tersebut bisa mencapai keuntungan sampai 12 % dengan fasilitas 73 tempat tidur. Di NewYork, Columbia – Presbyterian Hospital berharap dapat memanfaatkan kurangnya perumahan di Manhattan dengan mendirikan apartemen kondominium. Sedangkan di Dallas, Baylor University Medical center memiliki empat rumah sakit lain, sebuah perusahaan konstruksi , sebuah perusahaan asuransi, sebuah bangunan perkantoran , sebuah hotel , sebuah pemandian air panas dan tiga restoran. Meskipun jumlah investasi seperti itu pada rumah sakit masih kecil , jumlah tersebut bertambah, Sebagai tambahan lusinan rumah sakit nirlaba membuat bisnis yang mengejar laba ( profit seeking ), membayar pajak ( tax paying ) penjualan, diluar rumah sakit, pelayanan yang berkaitan erat dengan yang telah disediakan oleh institusi tersebut.Rumah sakit menyelenggarakan proyek perumahan pensiun, menyediakan pelayanan kesehatan dirumah yang membantu masyarakat untuk berhenti merokok, mengurangi berat badan dan menangani stres ; memiliki perusahaan yang menghasilkan obat – obatan dan jasa laboratorium dan bahkan menjual kepada rumah sakit lainnya ketrampilan manajemen untuk mengembangkan perusahaan – perusahaan semacam ini.Diantara 7.000 rumah sakit nirlaba milik pemerintah, yang kebanyakan berpandangan bahwa status pajak memungkinkan untuk mengabaikan masalah laba. Seorang yang pertama kali berpikir seperti pengusaha yang bijak adalah Robin E MacStravic yaitu seorang profesor administrasi jasa kesehatan di University of Washington di Seattle. Menurut pendapat Robin E MacStravic hanya sedikit rumah sakit yang akan bertahan bila mereka hanya semata – mata bergantung pada perawatan pasien untuk memperoleh laba. Rumah sakit pendidikan dan riset di NewYork yang prestisius melayani banyak penduduk miskin di utara Manhattan, baru – baru ini membayar 7 juta dollar untuk sebuah bangunan rumah sakit didaerah tengah kota yang lebih makmur.( Basu Swastha : 1997 ).
Di Jawa Tengah terutama di kota Temanggung terdapat 4 rumah sakit, salah satunya yaitu Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo – Parakan. Rumah sakit ini berdiri sejak tahun 1955. Rumah sakit ini dulunya adalah hanya merupakan suatu Poliklinik dan BKIA, yang kemudian berkembang menjadi suatu rumah sakit besar. Di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo – Parakan ini selain melayani pasien juga merupakan pusat pendidikan para perawat yang didik untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan. Pada awalnya rumah sakit menggunakan upaya Humas dan Pemasaran hanya untuk mencari dana dan meningkatkan komunikasi dengan masyarakat, akan tetapi perkembangan selanjutnya rumah sakit melakukan analisis Humas dan Pemasaran yang lebih luas untuk mengetahui perilaku masyarakat, pengguna jasa, pengembangan pelayanan baru, penarifan, mengidentifikasi peluang, memperbaiki komunikasi antar staf dan karyawan, antar pengguna jasa rumah sakit, serta menyusun strategi Humas dan Pemasaran yang lebih efisien.
Kegiatan Humas dan Pemasaran di Rumah Sakit Kristen Ngesti Waluyo Parakan dilaksanakan oleh seluruh karyawan dan dikoordinir oleh seorang yang ditunjuk oleh manajemen rumah sakit. Pemasaran rumah sakit tidak hanya didorong untuk mencari laba tetapi juga diarahkan untuk mengembangkan kepuasan pasien, perawat dan karyawan. Dan kami tertarik untuk meneliti Strategi Humas dan Pemasaran di rumah sakit ini karena kunjungan rumah sakit di Tahun 2004 ke Tahun 2005 dan Tahun 2006 menurun . Dengan Jumlah kunjungan penderita Tahun 2004 : 39127 penderita , Tahun 2005 :34586 penderita dan di Tahun 2006 : 36467 penderita
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda
Saya ingin mencari bahan untuk penelitian strategi pemasaran rs swasta , mohon saya dikirimi lengkap , atas bantuannya saya ucapkan banyak terima kasih
oleh Ita winingsih 11 Maret 2016 at 18:25Saya ingin mencari bahan untuk penelitian strategi pemasaran rs swasta
oleh Ita winingsih 11 Maret 2016 at 18:22saya ingin mencari bahan untuk tesis strategi pemasaran RS swasta.
oleh rini 30 September 2013 at 04:56karya tulis yang sangat menarik. Kami perlu belajar banyak mengenai humas dan pemasaran. mohon dapat dikirimkan artikel lengkap pada kami. terima kasih.
oleh mimin 24 September 2013 at 02:03Blh tau slengkpny gk sy gi menyusun skripsi ni sy saat ini bkerja d rs atas bantuanny sy ucapkn terima kasih
oleh evi 4 Maret 2013 at 00:48Saya mahasiswa komunikasi semester VIII, saya bertujuan untuk mencari bahan referensi tentang skripsi saya yang berjudul “Strategi komunikasi Humas Rumah Sakit Bina Sehat Jember Terhadap pencitraan di Masyarakat “, Mohon kiranya membantu saya untuk mendapatkan referensi sesuai judul skripsi saya di atas.
oleh Rizka Uyuda 8 Juli 2012 at 14:18Demikian saya sampaikan trimakasih.
Tolong kirimkan sya detail artikel diatas,tks
oleh niens 19 November 2011 at 15:38tolong kirimkan “STRATEGI HUMAS DAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT KRISTEN NGESTI WALUYO PARAKAN TEMANGGUNG”
oleh dewa 11 Maret 2010 at 05:19secara lengkap
mohon dikirim naskah lengkap
oleh lilik 4 Maret 2010 at 04:35Saya ingin mencari bahan skripsi. mohon bantuannya dalam memberikan bahan skripsi dengan judul “Strategi humas dan pemasaran di rumah sakit kristen ngesti waluyo parakan temanggung”.
oleh Christine 19 Januari 2010 at 12:54Saya Mahasiswa Semester IX bertujuan mencari bahan utk skripsi, dan saya bekerja di suatu instansi pada rumah sakit. Mohon kiranya utk dapat membantu saya dalam meberikan bahan utk skripsi sesuai denagn judul di bawah ini:
oleh Yusron 10 Desember 2009 at 06:04“STRATEGI HUMAS DAN PEMASARAN DI RUMAH SAKIT KRISTEN NGESTI WALUYO PARAKAN TEMANGGUNG”
Demikian saya ucapkan terimakasih atas bantuannya.