h1

TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN ANTENATAL POLI KLINIK KANDUNGAN DI RSUD WONOSARI GUNUNGKIDUL TAHUN 2007

4 Mei 2009

DIAH AMBARWATI

ABSTRAK

Latar Belakang : Poliklinik kandungan (Antenatal) merupakan program strategis RSUD Wonosari untuk mencapai standar pelayanan tinggi sesuai dengan aturan organisasi kesehatan dunia (WHO), terutama dalam pelayanan kesehatan ibu dan bayi. Peningkatan kualitas pelayanan di Poli Klinik Kandungan RSUD Wonosari dapat meningkatkan kepuasan pelanggan (pasien), dengan memaksimalkan pengalaman pelanggan yang menyenangkan dan meminimalkan atau meniadakan pengalaman pelanggan yang kurang menyenangkan, sehingga pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh Poliklinik Kandungan RSUD Wonosari. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu kunci pokok berkembangnya / kemajuan bagi RSUD Wonosari untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Tercapainya mutu yang baik (memuaskan) yang diukur dalam penelitian ini menggunakan 5 dimensi mutu pelayanan antenatal (kandungan) meliputi aspek: Keandalan, Daya tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti fisik. Tujuan umum penelitian ini adalah : Untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan Antenatal Poliklinik kandungan di RSUD Wonosari Gunungkidul tahun 2007.

Metode  Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional / intervention dengan pendekatan cross sectional.  Menggunakan pengolahan secara deskriptif kualitatif, teknik penggumpulan datanya menggunakan kuesioner tingkat kepuasan pasien berdasarkan 5 dimensi mutu meliputi :  Keandalan, Daya tanggap, Jaminan, Empati dan Bukti fisik. Populasi dalam penelitian ini terjangkau ibu hamil umur kehamilan 2 minggu – 36 minggu. Sampel berjumlah 30 orang pasien rawat jalan Poliklinik Kandungan RSUD Wonosari, yang mendapatkan pelayanan antenatal pada tanggal 15 Desember 2007 s/d 15 Januari 2008.

Kesimpulan : Pencapaian rata – rata tingkat kepuasan terhadap pelayanan Antenatal Poliklinik Kandungan RSUD Wonosari dikategorikan sangat puas.

Di dasarkandari hasil rata – rata 0,75 dengan menggunakan skala Likert yaitu sebesar 3,4. Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal poliklinik kandungan di RSUD Wonosari meliputi 5 dimensi mutu :

  1. Dimensi keandalan pencapaian rata – rata kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal poliklinik kandungan di RSUD Wonosari tahun 2007 dalam kategori sangat puas. Hal ini berdasarkan perhitungan rata – rata total pada tingkat kepuasan pasien dengan menggunakan skala Likert di dapat angka 3,73, dimana setelah dibandingkan dengan tabel interval kelas tingkat kepuasan, angka 3,73 berada pada interval 3,251 – 4,00.
  2. Dimensi ketanggapan pencapaian rata – rata kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal poliklinik kandungan di RSUD Wonosari tahun 2007 dalam kategori sangat puas. Hal ini berdasarkan perhitungan rata – rata total pada tingkat kepuasan pasien dengan menggunakan skala Likert di dapat angka 3,43, dimana setelah dibandingkan dengan tabel interval kelas tingkat kepuasan, angka 3,43 berada pada interval 3,251 – 4,00.
  3. Dimensi jaminan pencapaian rata – rata kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal poliklinik kandungan di RSUD Wonosari tahun 2007 dalam kategori sangat puas. Hal ini berdasarkan perhitungan rata – rata total pada tingkat kepuasan pasien dengan menggunakan skala Likert di dapat angka 3,43, dimana setelah dibandingkan dengan tabel interval kelas tingkat kepuasan, angka 3,43 berada pada interval 3,251 – 4,00.
  4. Dimensi empati pencapaian rata – rata kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal poliklinik kandungan di RSUD Wonosari tahun 2007 dalam kategori sangat puas. Hal ini berdasarkan perhitungan rata – rata total pada tingkat kepuasan pasien dengan menggunakan skala Likert di dapat angka 3,34, dimana setelah dibandingkan dengan tabel interval kelas tingkat kepuasan, angka 3,34 berada pada interval 3,251 – 4,00.
  5. Dimensi bukti fisik pencapaian rata – rata kepuasan pasien terhadap pelayanan antenatal poliklinik kandungan di RSUD Wonosari tahun 2007 dalam kategori sangat puas. Hal ini berdasarkan perhitungan rata – rata total pada tingkat kepuasan pasien dengan menggunakan skala Likert di dapat angka 3,23, dimana setelah dibandingkan dengan tabel interval kelas tingkat kepuasan, angka 3,23 berada pada interval 3,251 – 4,00.

Keyword : Tingkat kepuasan pasien terhadap Pelayanan Antenatal Poliklinik Kandungan  puas / tidak puas, puas / tidak puas sesuai dengan dimensi kualitas jasa.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

7 komentar

  1. ass… ka, boleh minta lanjutan skripsinya boleh d kirimkan lengkapnya di email saya,,.. soalx saya sangat membutuhkan skripsi in untuk sebagai pedoman…


  2. saya mau minta bantuan skripsi yang utuh..bagaimana cara saya mendapatkannya? terimakasih


  3. ini….boleh y… minta lengkapnya….


  4. ini mau lengkapnyaaa, thx


  5. klo blh sy mnt bntuanx sy mo skripsix utuh tp gmn cra sy mndpatkanx????mb ne lulusan stikes mn???
    tlong bntu sy,,kbetulan sy akn mneliti tingkat kpuasan kunjungan bumil dt4 bidan delima dwonosari jg….
    bs krimkan lewt email kah??????????????
    Pleasee,,,,tq b’4..


  6. gmn crnya dpet info selanjutnya????? thanks


  7. kalo mo dapat skripsinya uth??g mana caranya???yang akk d banyakin deh…plizzz,,thanks



Tinggalkan komentar