h1

HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL YOGYAKARTA TAHUN 2008

4 Mei 2009

Nama : Anita Jayanti

ABSTRAK

Ketidak puasan pasien paling sering dikemukakan dalam kaitanya dengan sikap pasien / keluarganya yang merasa out come tidak sesuai dengan dengan harapannya merasa sudah cukup puas karena dilayani dengan sikap yang menghargai perasaan dan martabatnya.

Pelayanan rawat Inap merupakan pelayanan medis yang utama dirumah sakit dan merupakan tempat untuk interaksi antara pasien dan rumah sakit yang berlangsung dalam waktu yang lama. Pelayanan rawat Inap berhubungan sasngat sesitif karena menyangkut perasaan pasien, mutu pelayanan dam citra rumah sakit. Semua itu sangat membutuhkan perhatian pihak manajemen rumah sakit. 

Kualitas merupakan perbedaan antara sifat dan karakteristik yang menentukan sejauhmana keluaran dapat memenuhi persyaratan. Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Panembahan Senopati Bantul.

Penelitian ini dilakukan di rawat inap RSUD Panembahan Senopati Bantul.  Waktu penelitian Mei sampai Juni 2008 dengan populasi 2.500 pasien dan sampel sebanyak 96 pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan proposive random sampling untuk mengumpulkan data digunakan kuisioner yang telah diuji cobakan menggunakan program SPSS dengan 20 pertanyaan. Setelah dilakukan verifikasi  validitas dan reliabilitas di peroleh 20 pertanyaan dinyatakan valid karena dari semua r hitung lebih besar dari r tabel analisa data yang digunakan adalah Spearman Rank.

Hasil penelitian menyimpulkan ada hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Panembahan Senopati Bantul dikategorikan rendah karena memiliki nilai korelasi 0,335. Pada taraf signifikasinya 10 %.

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Rawat Inap, Kepuasan Pasien.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

26 komentar

  1. mba yg lengkapx bisa di kirim nggak? buat bahan pembelajaran saya dlm menyelesaikan skripsi… makasih


  2. tolong krm yg lengkap donk


  3. bisa tolong krm skripsi lengkapnya, saya membutuhkan skripsi lengkap tentang judul di atas, mohon bantuannya.makasih


  4. Mohon maaf bisa tolong kirimkan skripsi lengkapnya, thanks


  5. mba bisa tolong krm skripsi lengkapnya, mohon bantuannya mba, makasih


  6. Assalamualaikum. sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih karena sudah share tentang judul-judul skripsi yang samapi saat ini saya masih bingung dalam memilih judul. saya ingin membaca dan mempelajari skripsi tsb. atas bantuan nya, saya ucpkan terimakasih


  7. mohon kirim kan skripsi selengkapnyake alamat email
    terima kasih


  8. asslm,,, boleh saya minta kirim skripsinya lg bikin skripsi kebetulan jdulnya mirip,, mohon bantuannya terimakasih


  9. saya membutuhkan skripsi tentang judul di atas, mohon bantuannya.makasih


  10. bgus skli skripsi bsa dicopi gk smuanya


  11. saya tertarik dengan judulnya…
    bisa saya minta file lengkapnya..???
    untuq pedoman saya mengajukan judul…
    🙂

    sebelumnya terima kasih


  12. bisa minta di tampilkan skripsinya


  13. bisa nga minta skripsi lengkapnya?? pleace…………
    makasih sebelumnya………


  14. Mhn bisa dikirimkan skripsi lengkapnya krn sy sngt membutuhkannya tks atas budi baiknya


  15. tlong krimkan lengkap’y donk …
    trimaksih sblumnya atas bantuannya…


  16. tolong di kirimka yg lenkap dong


  17. Mhn bisa dikirimkan skripsi lengkapnya krn sy sngt membutuhkannya tks atas budi baiknya


  18. mba….bisa tolong kirimkan yang lengkapnya.


  19. bisa tolong dikirimkan yang lengkapnya ga mba,…?


  20. mbak…mhon dikirimkan skripsi lengkap tentang judul diatas…
    mkash byk mbk…


  21. tolong kirimkan skripsi lengkaopnya untuk referensi…. makasih sebelumnya


  22. Mbak .. mohon bantuanya tolong kirim juduk skripsi d atas selengkapnya


  23. Mbak,,,mau dunk tlom krimin ke email saya ya mbak,,,please….


  24. Tolong bantuannya dong, kirim skripsinya tentang judul diatas, soalnya aku kan jadiran referensi untuk penyusunan skripsi aku. makasih sbelumnya


  25. mbak….minta bantuannya kirimi skripsi lengkap tentang judul di atas,sebelumnya terima kasih.


  26. saya membutuhkan skripsi lengkap tentang judul di atas, mohon bantuannya.makasih



Tinggalkan komentar