h1

ANALISIS HUBUNGAN PELAYANAN LINGKUNGAN FISIK RAWAT INAP TERHADAP KEPUASAN DAN MINAT PASIEN RUMAH SAKIT UMUM DAERAH WIROSABAN, YOGYAKARTA

5 Mei 2009

HILDAWATI RAHIM

ABSTRAKSI

Rumah Sakit Umum Daerah Wirosaban merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah Yogyakarta yang terletak di jalan Wirosaban no 1 Yogyakarta. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit tipe C. dari data yang diperoleh pada buku pesan dan kesan pasien rawat inap menunjukkan bahwa dari 140 pasien rawat inap ada 28 orang pasien yang mengeluh tentang kurang nyamannya ruang rawat inap dikarenakan ruang tersebut panas, kamar mandi/wc yang tidak bersih sehingga menimbulkan bau yang tidak enak, kurangnya privasi karena ruangan tidak disekat, tempat tidur kotor, banyak kucing. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelayanan lingkungan fisik rawat inap yang diberikan terhadap kepuasan dan minat pasien (kelas I, II, III).

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survey. Dengan subjek penelitian adalah pasien kelas I, II dan kelas III yang mendapatkan perawatan inap di Rumah Sakit umum Daerah Wirosaban minimal dirawat 2×24 jam. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa Kuesioner dengan skala data ordinal. Jumlah populasi sebanyak 204, sedang untuk sampel masing-masing kelas sebanyak 68 responden. Yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini adalah pelayanan lingkungan fisik rawat inap dan variabel terikat adalah kepuasan dan minat pasien RSUD Wirosaban

Hasil uji validitas kepada 100 responden dengan 33 item pertanyaan dinyatakan semua butir valid karena r hitung lebih besar dari r tabel, sedang untuk uji reliabilitas dari pelayanan lingkungan fisik rawat inap sebesar 0,793 sedang dari kepuasan sebesar 0,736 dan minat pasien sebesar 0,790 dinyatakan reliabel karena hasilnya diatas 0,7. Metode analisis data yang dipakai adalah menggunakan korelasi Kendall Tau dengan menggunakan bantuan program SPSS 13,0 for windows dan hasil yang diperoleh yaitu:

  1. ada hubungan antara pelayanan lingkungan fisik rawat inap terhadap kepuasan pasien RSUD Wirosaban, dikarenakan nilai r hitung lebih besar daripada r tabel (rh>rt) yaitu 4,57 > 1,96.
  2. Ada hubungan antara pelayanan lingkungan fisik rawat inap terhadap kepuasan pasien baik itu kelas I, kelas II, maupun kelas III, dikarenakan nilai r hitung lebih besar daripada r tabel (rh>rt) yaitu kelas I 2,66> 1,96, kelas II 2,38> 1,96, dan kelas III yaitu 2,46> 1,96.
  3. Ada hubungan antara pelayanan lingkungan fisik rawat inap terhadap minat pasien RSUD Wirosaban, dikarenakan nilai r hitung lebih besar daripada r tabel (rh>rt) yaitu 7,74> 1,96.
  4. Ada hubungan antara pelayanan lingkungan fisik rawat inap terhadap minat pasien baik itu kelas I, kelas II, maupun kelas III, dikarenakan nilai r hitung lebih besar daripada r tabel (rh>rt) yaitu kelas I 5,77> 1,96, kelas II 4,63> 1,96, dan kelas III 3,87 > 1,96.

Kata kunci: Pelayanan lingkungan fisik, kepuasan, minat

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: