h1

ANALISIS KEBUTUHAN TENAGA KERJA BERDASARKAN BEBAN KERJA DI INSTALASI FARMASI BADAN PENGELOLA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DJOJONEGORO TEMANGGUNG

5 Mei 2009

SHEPTI ISWIDYANINGSIH

ABSTRAKSI

BP RSUD Djojonegoro Temanggung adalah rumah sakit pemerintah tipe C yang sedang dikembangkan menjadi tipe B. Dari perubahan tersebut akan berdampak pada peningkatan sarana prasarana, sumber daya kesehatan dan pelayanan rumah sakit. Salah satu unit yang penting dalam rumah sakit adalah instalasi farmasi. Beban kerja yang berat akan mempengaruhi kualitas pekerjaan dan pelayanan yang dilakukan, sehingga dilakukan perhitungan kebutuhan tenaga kerja dengan metode WISN dengan berdasar pada beban kerja yang ada di unit kerja tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah kebutuhan tenaga kerja berdasarkan beban kerja di instalasi farmasi BP RSUD Djojonegoro Temanggung.

Hasil penelitian kebutuhan tenaga kerja berdasar beban kerja dengan metode WISN diketahui waktu kerja tersedia selama satu tahun adalah 129.120 menit/tahun.Standar beban kerja hasilnya bervariasi, tergantung dari rata-rata waktu yang digunakan untuk menyelesaikan tiap kegiatan pokok dan waktu kerja tersedia. Standar kelonggaran dari tujuh faktor kelonggaran adalah 0,203. Hasil perhitungan kebutuhan tenaga kerja di instalasi farmasi BP RSUD Djojonegoro Temanggung berdasarkan beban kerja adalah sebanyak 24 orang.

Hasil perhitungan penelitian (24 orang) dengan jumlah tenaga kerja yang ada (18 orang) lebih besar pada hasil penelitian sehingga memerlukan tambahan tenaga sebanyak 6 orang (24-18 orang).

Kata Kunci : Tenaga kerja, beban kerja.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

18 komentar

  1. saya tertarik dengan penelitian tsb..mohon bantuannya ya..terima kasih


  2. mba penelitiannya sesuai yg saya butuhkan..bisakah minta tolong dikirim ke email saya terimakasih mba..


  3. Bolehkah saya minta data lengkapnya. Terima kasih atas kebaikan anda. Tuhan memberkati.


  4. MINTA TOLONG MBA KLO BS DI KIRIMKN FILENYA KE EMAIL SY.KEBETULAN JUDULNYA SAMA.TRIMS


  5. mohon bila diperkenankan saya diemail artikel tersebut..terimak asih


  6. terima kasih atas abstraknya, jika berkenan bisa bagi file komplitnya dong. pusing neh agi disuruh atasan bikin analisa kebutuhan tenaga. kirimin ke email saya ya, thx.


  7. saya tetarik melihat hasil penelitian ini,,
    bisa lihat file lengkap nya gak……..?
    share ke email saya….
    terimakasih


  8. saya juga tertarik dengan penelitiannya mbak Shepty, kl bisa tlg di email ke saya. thanks mbak


  9. bantu saya dong…please…..


  10. saya sangat tertarik dengan penelitian ini..
    tolong ya kirim lewat e mail,,,,
    thanks,,,


  11. Saya tertarik ingin melihat hasil dari penelitian tersebut, soalnya saya sedang mencari bahasan untuk tugas kuliah saya mengenai judul tersebut,, maaf mau merepotkan,,tolong kirim ke email saya nyah.. Terima Kasih.. (kalo bisa secepatnya, soalnya udah hampir deadline,, Hehe.. Terimakasih lagi sebelumnya) ‘v’


  12. saya tertarik dgn hasil penelitian ini, karena saya sdng mnyusun skripsi mengenai wisn, saya mohon bantuannya, bisa tolong share k emain saya, terima kasih sebelumnya,,,


  13. Saya tertarik dengan hasil penelitian ini, karena saya saat ini sedang menghitung kebutuhan tenaga di instalasi farmasi, mohon bantuannya, apakah bisa dikirimkan ke email saya


  14. saya tertarik dengan isi skripsi ini terkait tugas yang sedang saya kerjakan di rumah sakit tempat saya bekerja, mohon bantuan apa bisa di share ke email saya trima kasih.


  15. saya berminat dengan skripsi ini,boleh saya minta copyannya ????


  16. Saya mendapat tugas dari atasan untuk menganalisa kebutuhan tenaga farmasi.Saya berharap artikel dapat membantu saya. Saya mohon bantuannya untuk dikirimkan artikel ini via email. Terima kasih.


  17. saya tertarik untuk melihat hasil penelitian tersebut, kebetulan tema yang diambil sama dengan artikel di atas. bisa tolong share ke email saya? terima kasih.


  18. saya tertarik dengan penelitian tsb..tolong saya dikirim lewat E-mail bisa nda?



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: