h1

ANALISIS KINERJA PERAWAT DITINJAU DARI BEBAN KERJA DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU PADA INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT Dr.SOEROTO NGAWI

5 Mei 2009

Oleh : Setia Anjung Qoriul Idkha

ABSTRAKSI

Pelayanan Instalasi Rawat Inap merupakan pelayanan yang sangat kompleks dan menyebabkan pengaruh yang paling besar  dari pada pelayanan yang lainya , sehingga sumber daya perawat sangat menentukan mutu pelayanan yang dihasilkan disamping sumber daya yang lainnya, adanya citra perawat yang kurang memuaskan dan tuntutan kesejajaran sebagai mitra, keluhan dokter, serta sikap perawat yang tidak kondusif kepada pasien dan sesama rekan kerja sehingga tugas perawat cenderung memunculkan tekanan pada pekerjaan sehingga perlu telaah faktor yang berperan terhadap kinerja perawat ditinjau dari beban kerja dan karakteristik individu.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan cross secsional. Subyek penelitian adalah perawat di  bangsal bedah, bangsal penyakit dalam wanita, bangsal penyakit dalam pria dan bangsal anak yang keseluruhannya berjumlah 47 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berkaitan dengan karakteristik individu, dan beban kerja. Analisis data pada penelitian ini adalah regresi sederhana dengan menggunakan SPSS 12.

Hasil penelitian yang didapat yaitu ada pengaruh yang signifikan antara beban kerja dengan kinerja perawat denagn nilai F sebesar 11,563, dan ada pengaruh yang signifikan juga antara karakteristik individu dengan kinerja perawat terutama pada aspek usia perawat, aspek status pernikahan, aspek masa kerja, dan aspek status kepegawaian.

Kata kunci : Beban kerja dan karakteristik individu yang berpengaruh terhadap  kinerja  perawat.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

4 komentar

  1. sy ingin meneliti hal yang hampir mirip judul di atas.boleh tidak dikirim k email sy sekalian instrumen penelitian ta,thanks sebelumnya


  2. sy,tertarik dengan penelitian ini,bisakah sy minta krmkan contoh kuesionernya ke email sy? tk.


  3. saya ingin meneliti hal yang hampir mirip dengan judul diatas. apakah bisa di kirim ke email saya juga contoh instrumen yang digunakan?
    trims.


  4. sy t’tarik dg penelitian ini, apakh bisa d krm ke email sy jg kuesioner-ny, thx’s



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 171 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: