h1

PENGARUH STRESS KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN RUMAH SAKIT CAKRA HUSADA KLATEN

5 Mei 2009

REGINA RYANINGTYAS W

ABSTRAKSI

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mulai mengarah pada bidang kesehatan membawa dampak bagi perubahan pola kehidupan manusia. Apabila seorang karyawan tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada, maka akan mengalami stress karena tuntutan kerja yang semakin tinggi yang mempengaruhi prestasi kerja mereka. Stress kerja adalah reaksi phisik dan psikis berupa perasaan tegang atau tertekan karena tuntutan pekerjaan yang mempengaruhi prestasi kerja sebagai hasil akhir dari pekerjaan yang diperoleh selama periode waktu tertentu, yang mendorong seseorang untuk mempunyai motivasi dalam mengembangkan karir. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh stress kerja terhadap prestasi kerja karyawan di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi stress kerja karyawan di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi kerja karyawan di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten, dan untuk mengetahui indikator stress kerja yang paling dominan terhadap prestasi  kerja karyawan di Rumah Sakit Cakra Husada Klaten.

Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Simpel Random Sampling yaitu pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi. Adapun sampel yang digunakan adalah 97 karyawan tetap Rumah Sakit Cakra Husada Klaten. Data diambil dengan menggunakan metode wawancara dan kuesioner.

Analisis statistik dengan menggunakan Regresi Linear Berganda diperoleh hasil dengan menggunakan SPSS 11.5 yaitu nilai konstanta (a) = 26,268; b1 = 0,983; b2 = 1,687; b3 = 0,694; b4 = 1,044. F hitung > F tabel (7,521 > 3,94). Terdapat korelasi yang sedang antara variabel stress kerja terhadap variabel prestasi kerja yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi (R) sebesar 0,496 dan koefisien determinasi (R2) = 0,246. Yang berarti bahwa 24,6% dari variabel prestasi kerja dipengaruhi oleh variabel stress kerja, sedang 75,4% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Maka kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis yaitu adanya pengaruh stress kerja terhadap prestasi kerja karyawan Rumah Sakit Cakra Husada Klaten pada taraf signifikansi 5%.

Kata kunci : Stress Kerja, Prestasi Kerja, Karyawan

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

14 komentar

  1. gan..bisa minta soft copy nya di kirim ke email saya?


  2. tolong kirim ke email saya terima kasih


  3. saya minta soft copynya ke email saya..
    terima kasih………
    need urgently…hee


  4. tolong kirimkan file lengkapnya ke email saya. Terimakasih banyak


  5. mohon kirimkan selengkapnyannke email saya
    terimankasih


  6. judul skripsinya bagus2 banget,,,,minta sof copy dong….


  7. gan minta soft copy nya donk. buat referenis 😉


  8. tolong email ya,,,
    mksi..


  9. tolong dikirim yang lengkap ny y ke email saya…………..
    makasy ya kaq……..
    🙂 😉


  10. assalamualaikum
    tolonng kirim yang elngkapnya ke e-mail saya
    buat bahan referensi skripsi

    terimakasih…………….


  11. TOLONG KIRIM SKRIPSI YANG INI KE EMAIL SAYA YA… TLNG YA…thanks


  12. Maaf, saya bisa meminta file lengkap dari hasil penelitian ini?
    akan saya gunakan untuk referensi skripsi saya.

    terima kasih atas bantuannya.


  13. tolong kirim yg lengkapnya ke e-mail saya ya….
    klo bisa secepatnya.
    thankz……


  14. tolong kirim selengkapnya melalui e-mail saya…
    terima kasih



Tinggalkan komentar