h1

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PASIEN UNTUK RAWAT INAP DI PAVILIUN AMARILYS RSUD TUGUREJO SEMARANG

5 Mei 2009

Oleh : Anggun Indrayantie

ABSTRAK

Pelayanan rawat inap merupakan pelayanan medis yang utama di rumah sakit dan merupakan tempat untuk interaksi antara pasien dan rumah sakit berlangsung dalam waktu yang lama. Pelayanan rawat inap melibatkan pasien, dokter, dan perawat dalam hubungan yang sensitif yang menyangkut kepuasan pasien, mutu pelayanan, dan citra rumah sakit.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi minat pasien untuk rawat inap di paviliun Amarilys RSUD Tugurejo Semarang. Penelitian ini menggunakan analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di Paviliun Amarilys RSUD Tugurejo Semarang dan sampel dikumpulkan dengan cara Cluster Sampel atau sampel berkelas sebanyak 75 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang berisi tentang identitas responden serta pernyataan tentang kinerja pelayanan dan minat pasien. Analisa data pada penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 11.5.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) secara serempak faktor Competence, Courtessy, Credibility, Security, Access, Communication, dan Understanding the customer mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat pasien untuk rawat inap di Paviliun Amarilys, (2) faktor yang paling dominan mempengaruhi minat pasien RSUD Tugurejo adalah Credibility, (3) minat pasien untuk menggunakan kembali jasa pelayanan rawat inap di Paviliun Amarilys RSUD Tugurejo dikategorikan tinggi.

Kata Kunci : Competence, Courtessy, Credibility, Security, Access, Communication, Understanding the customer, minat pasien rawat inap.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. bisa tolong kirimkan file lengkapnya buat aku dong…


  2. mbak, lam kenal. aku mahasiswa tinggkat tiga yang semester ini akan mbuat riset. kalau mbak nggak keberatan, tolong kirimkan sot data lengkapnya mbak untuk perbandingan tugas akhir saya ini



Tinggalkan komentar