h1

HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DENGAN MINAT PASIEN BERKUNJUNG DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT ORTOPEDI PROF.DR.R.SOEHARSO SURAKARTA TAHUN 2008

5 Mei 2009

Oleh : Sri Diyan Cahyani

ABSTRAKSI

Latar belakang masalah: Jumlah kunjungan dan pengunjung poliklinik di Rumah Sakit Ortopedi Prof.DR.R.Soeharso Surakarta pada tahun 2006 ke tahun 2007 terjadi peningkatan. Di balik peningkatan tersebut terdapat beberapa kendala-kendala yang dirasakan pengunjung. Bauran pemasaran merupakan alat yang digunakan untuk mengetahui secara lebih jelas faktor dominan yang berpengaruh terhadap minat kunjungan pasien.

Tujuan penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian pasien terhadap dimensi-dimensi bauran pemasran di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Ortopedi Prof.DR.R. Soeharso Surakarta dan untuk membuktikan adanya hubungan positif yang signifikan antara marketing mix (place, physical evidence, process, product, people, price, dan promotion) dengan minat kunjungan pasien.

Metode penelitian: Penelitian ini dirancang sebagai penelitian asosiatif dengan pendekatan potong lintang (cross sectional) dan point time approach. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan dengan metode Product Moment karena data memiliki distribusi yang normal.

Hasil: Penilaian pasien terhadap beberapa sub dimensi dari bauran pemasaran masih kurang baik dan kelemahan-kelemahan inilah yang dijadikan masukan dalam peningkatan kualitas pelayanan di Rumah Sakit Ortopedi Prof.DR.R. Soeharso Surakarta. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara dimensi marketing mix dengan minat kunjungan pasien, kecuali dimensi process, product, people, dan promotion. Dimensi yang memiliki hubungan paling kuat dengan minat kunjungan pasien adalah dimensi price.

Kata kunci: marketing mix, place, physical evidence, process, product, people, price, promotion, minat kunjungan pasien.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Satu komentar

  1. saya butuh artikel ini untuk skripsi saya, mohon bantuan nya……………..



Tinggalkan komentar