h1

HUBUNGAN PELAYANAN PERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BANGSAL ANGGREK RSUD KARANGANYAR JAWA TENGAH

8 Mei 2009

Oleh : BAMBANG PURWOKO

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Peran perawat adalah salah satu penyedia pelayanan kesehatan khususnya di bidang keperawatan dituntut mampu memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan dapat memberi kepuasan pasien serta keluarganya dalam batas standar pelayanan professional.

Tujuan penelitian : adalah mengetahui hubungan pelayanan perawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Bangsal Anggrek RSUD Karanganyar Jawa Tengah

Metode : Design penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap di Bangsal Anggrek RSUD Karanganyar Jawa Tengah dan diambil sebagai sample sebanyak 34 orang. Analisis data dengan menggunakan uji korelasi Kendal’s Tau.

Hasil : Hasil penelitian menunjukkan pelayanan keperawatan dalam kategori sedang 55.88% dan kepuasan pasien dalam kategori tidak puas 52.94%. Nilai korelasi Kendal Tau sebesar 0,446 dengan probabilitas (p) = 0,000. Dengan hasil ini, maka ada hubungan antara pelayanan perawatan dengan kepuasan pasien karena nilai p = 0,000 < p = 0,05 atau nilai r hitung = 0,446 > 0,361.

Kesimpulan : Ada hubungan yang signifikan pelayanan perawatan dengan kepuasan pasien di Bangsal Anggrek Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Hasil penelitian mengindikasi pentingnya pelatihan bagi perawat agar dapat melaksanakan tugasnya serta melanjutkan pendidikan guna meningkatkan profesionalisme kerjanya.

Kata Kunci : Pelayanan Perawatan, Kepuasan Pasien

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

3 komentar

  1. asalam, sangat menarik… bagaimana cara mendapatkannya?


  2. Assalamu’alaikum
    sangat menarik judul di atas 😀

    gimana cara membaca selengkapnya skripsi ini??
    saat ini saya sementara menyusun tugas saya berharap penuh bisa membaca skripsi anda. mohon bantuannya. apakah bisa dikirm di email saya?
    terima kasih sebelumnya
    wassalamu’alaikum


  3. saya mahasiswa ilmu keperawatan smt 8 di salah satu stikes di solo & saya jg sdh pernah prktk di rsud karanganyar, saat ini saya ingin menambah referensi untuk skripsi saya yg berhubungan pelayanan keperawatan dan kepuasan pasien..saya minta tlg untuk dikirim lengkapnya jurnal diatas..terimakasih atas bantuannya..



Tinggalkan komentar