h1

FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH DALAM PEMBERIAN ASI PADA IBU PRIMIGRAVIDA DI RSU PANDAN ARANG BOYOLALI

8 Mei 2009

Oleh : Isminarsinah

ABSTRAK

Latar Belakang Masalah ; ASI (Air Susu Ibu) merupakan makanan alamiah yang ideal untuk bayi, terutama pada bulan-bulan pertama. Memberikan makan bayi dengan ASI bukan hanya memberinya awal kehidupan yang sehat dan bergizi, tetapi juga merupakan cara yang hangat, penuh kasih dan menyenangkan. Ia merasa aman, terlindung dan  disayangi (Welford, 2001). Manfaat utama ASI eksklusif bagi bayi diantaranya sebagai nutrisi terbaik, meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kecerdasan, meni gkatkan jalinan kasih sayang. Sungguh menyedihkan bahw asemkain lama semakin banyak wanita yang tidak menyusui bayinya sendiri. Dalam suatu penyelidikan yang dilakukan di Cardiff, ternyata setelah hari yang ke tujuh dari masa nifas hanya ada 33% wanita yang menyusui bayi-bayinya (Tjahyono, 1978). Sebab-sebab dari keengganan menyusi ini telah dipelajari, tetapi belum didapatkan penjelasan yang pasti.

Metode Penelitian ; deskriptif analitik pendekatan observasi, yaitu untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang menpengaruhi dalam pemberian ASI pada ibu primigravida di RSU Pandan Arang Boyolali. Pen gumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner dan menggunakan data rekam medis ibu primigravida. Jumlah responden 52 orang.

Hasil Penelitian ; Ibu primigravida pada saat memberi ASI kebanyakan umur dewasa (20-30 tahun), dengan tingkat pendidikan sedang (SLTP dan SMA), pekerjaan swasta atau tidak tetap, dan penghasilan sedang ke bawah (rendah). Umur mempengaruhi ibu primigravida dalam apemberian ASI (p < a 0.05). Tingkat pendidikan, pekerjaan dan penghasilan tidak mempengaruhi ibu primigravida dalam pemberian ASI (p > a 0.05).

Kata kunci : Pemberian Asi, Ibu Primigravida

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

23 komentar

  1. boleh saya minta file lengkapnya utk keperluan penyusunan skripsi saya, terimah kasih


  2. mb, biasa minta file lengkap tentang pemberian asi, ibu primigrvida. saya tunggu balasannya ya mb. sebelumnya trima kasih.


  3. tolong saya dikirim file lengkap ke email saya. trimakasih.


  4. mbak aq mnta filenya ne donk, soalnya aq butuh data dlm penyusunan KTI. krm ke email aq ea
    terimakasih


  5. mbak aq mnta filenya ne donk, soalnya aq butuh data dlm penyusunan KTI.
    terimakasih


  6. Data Lengkap


  7. saya mnta bntuan nya,saya butuh bngat nie,.minta file yg lngkp……….trm kasih


  8. mbak boleh aku minta failnya yg lengkap dengan contoh kuisionernya ?? kirim langsung ke alamat email ku yha mbak
    makasih yah mbak sblumnya …


  9. makasih yahh buat tlisannya


  10. mbak minta file nya poo


  11. aku minta file nya yang lengkap y
    makasih sebelumnya


  12. boleh minta tulisan na secara lengkap ga,buat refernsi aq??


  13. saya membutuhkan semua buku referensi menyangkut judul skripsi di atas..saya di kota Sorong kekurangan akan hal itu…terima kasih sebelumnya!!!!!


  14. aku minta file nya yang lengkap y ?/
    aku butuh banget …
    trima kasih sudah sudi membantu ku …


  15. boleh minta tulisan na secara lengkap ga,buat refernsi aq??


  16. aku minta file na yg lengkap,,,thnks


  17. aku bisa minta file yang lengkap nya…????


  18. Saya minta yg selengkapnya ya. Trm Kasih


  19. tlg kirimin selengkapnya


  20. minta tolong contoh kuisionernya&contoh faktor2 yg mempengaruhinya ya,,,kirimkan ke email saya,makasih sebelumnya…..


  21. boleh saya minta lengkapnya…dan di kirim ke e-mail ku..


  22. tolong kirim contoh kuisionernya ke email saya ya?


  23. tolong saya dikirim contoh kuisionernya ya?



Tinggalkan komentar