h1

HUBUNGAN LAMA PEMASANGAN KATETER INTRAVENA DENGAN KEJADIAN PLEBITIS PADA PASIEN DEWASA RAWAT INAP DI BANGSAL MENUR DAN BAKUNG RSUD WONOSARI

8 Mei 2009

Oleh : Jarumiyati

ABSTRAKSI

Plebitis merupakan inflamasi vena yang disebabkan baik oleh iritasi kimia maupun mekanik yang sering disebabkan oleh komplikasi dari terapi intravena. Plebitis dikarakteristikkan dengan adanya dua atau lebih tanda nyeri, kemerahan, bengkak, indurasi dan teraba mengeras di bagian vena yang terpasang kateter intravena (La Rocca, 1998). Plebitis dapat menyebabkan trombus yang selanjutnya menjadi tromboplebitis, perjalanan penyakit ini biasanya jinak, tapi walaupun demikian jika trombus terlepas kemudian diangkut dalam aliran darah dan masuk jantung maka dapat menimbulkan seperti katup bola yang bisa menyumbat atrioventrikular secara mendadak dan menimbulkan kematian (Sylvia, 1995). Hal ini menjadikan plebitis sebagai salah satu permasalahan yang penting untuk dibahas di samping plebitis juga paling sering ditemukan dalam proses keperawatan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan lama pemasangan kateter intravena dengan kejadian plebitis pada pasien dewasa di RSUD Wonosari.

Metode penelitian. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan survey dengan pendekatan planatory research. Sampel dari penelitian ini adalah pasien dewasa dengan kriteria usia 18-65 tahun yang mendapat tindakan pemasangan kateter intravena di bangsal Menur dan Bakung kelas III di RSUD Wonosari. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan observasi dengan lembar observasi dan wawancara. Sedangkan dalam analisis data, peneliti menggunakan uji somers’d.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara lama pemasangan kateter intravena dengan kejadian plebitis pada pasien dewasa rawat inap di bangsal menur dan bakung RSUD Wonosari, ini dibuktikan dengan nilai korelasinya 0,007.

Kata kunci . kateter intravena, kejadian plebitis.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

16 komentar

  1. gan saya tertarik dengan postingan skripsi kirim dong


  2. masih bisa kirimkah skripsi ini? kalo masih tolong kirimi dong


  3. mohon dikirim selengkapnya, sy juga sdg membuat skripsi ttg faktor2 yg mempengaruhi plebitis. trimakasih sebelumnya


  4. apakah masih bisa dikirim skripsinya?


  5. Saya tertarik dengan skripsi anda , mohon dikirim selengkap nya. terimakasih


  6. saja juga ingin membuat skripsi tentang kejadian plebitis ,saja mohon agar dapat di kirimkan jurnal mengenai plebitis terimah kasih


  7. Ass,…..
    boleh dikirimkan yang selengkapnya .
    terimaksihh sbelumnya

    hj. haeriah


  8. askum,…. ! boleh dikirmkan yang selengkapnya ? soal.y sy juga ingin melakukan penelitian yang sama dengan judul skripsi di RSUL kab pinrang .


  9. sya tertarik dgn judul anda….. mohon d krm selengkapy,,, trims


  10. Judul skripsi anda sangat bagus, mohon saya dikirimkan selengkapx karna saya juga ingin melakukan penelitian yang sama di RSUD KAB MAJENE SULBAR


  11. saya tertarik dengan judul ini,apakah dilengkapi dengan daftar pustaka dan kuisionernya?bagaimana saya bisa mendapatkan skripsi ini secara lengkap,terima kasih.


  12. daftar pustaka tentang plebitis ap aj ya


  13. tertarik gdn conto skripsi ini,,tolong krm ya,,?


  14. thanks,sangat membantu 🙂


  15. Saya tertarik dg skripsi Anda mohon dikirim selengkapnya. terimakasih.


  16. Berapa lama pemasangan yg dilakukan?
    Faktor apa saja yg lain terjadi plebitis yg dipertimbangakan dlm penelitian ini.

    Trim



Tinggalkan komentar