h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUN IBU TENTANG GIZI DENGAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU “BUNGA LELY” BANGUNJIWO KASIHAN BANTUL

8 Mei 2009

Neni Dwi Septiani

ABSTRAKSI

Status gizi adalah keadaan kesehatan individu atau kelompok-kelompok yang ditentukan oleh derajat kebutuhan fisik akan energi dan zat gizi yang lain yang diperoleh dari pangan dan makanan yang dampak fisiknya diukur dengan antropometri. Balita usia 12-36 bulan masih sangat bergantung pada peranan seorang ibu dalam menyediakan dan memenuhi asupan makanan dan gizi, oleh karena itu pengetahuan ibu tentang gizi sangat diperlukan dalam menyediakan makanan dan gizi yang memenuhi syarat makanan bergizi sehingga diperoleh status gizi yang baik.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahun Ibu tentang gizi dengan status gizi Balita di Posyandu “Bunga Lely” Bangunjiwo, Kasihan,  Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di Posyandu “Bunga Lely” Bangunjiwo Kasihan,Kabupaten Bantul. Sampel 53 orang ibu yang memiliki Balita usia 12-36 bulan Analisis data menggunakan korelasi Spearman Rho.

Hasil uji Spearman Rho menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu dengan status gizi balita usia 12-36 bulan dimana  88,7% ibu memiliki pengetahuan tentang gizi dalam kategori baik dan 81,1% Balita memiliki status gizi baik. Analisis korelasi spearman rho diperoleh nilai rhitung sebesar 0,301, p 0,029 (p 0,029 < 0,05), sehingga Ha diterima

Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi Balita di Posyandu “Bunga Lely” Bangunjiwo, Kasihan, Bantul.

Kata kunci: Pengetahuan, Status gizi, Balita, Spearman Rho

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan komentar