h1

HUBUNGAN TINGKAT KEMAMPUAN DALAM AKTIVITAS DASAR SEHARI-HARI DENGAN TINGKAT DEPRESI PADA LANJUT USIA DI PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA BANTUL YOGYAKARTA UNIT BUDI LUHUR

8 Mei 2009

Daniel Mada

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Proses penuaan adalah fenomena alamiah yang bisa terjadi pada semua manusia sebagai akibat bertambahnya umur. Keadaan ini bila tidak diantisipasi dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah. Masalah fisik berupa penurunan fungsi indera dan sistem organ. Masalah mental psikologi yang dijumpai antara lain sumber penghasilan yang menurun, kehilangan sumber pendapatan, kehilangan orang-orang yang dicintai karena sudah meninggal lebih dahulu dan anak-anak yang tidak tinggal serumah lagi. Dewasa ini banyak keluarga dengan berbagai alasan dan pertimbangan menempatkan anggota keluarganya yang lansia ke Panti Werdha, antara lain di PSTW Bantul Yogyakarta Unit Budi Luhur.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kemampuan dalam pemenuhan aktivitas dasar sehari-hari dengan tingkat depresi pada lansia yang tinggal di PSTW Bantul yogyakarta Unit Budi Luhur. Tingkat depresi yang dialami dan tingkat kemampuan dalam pemenuhan aktivitas dasar sehari-hari.

Subyek penelitian ini adalah lansia yang tinggal di PSTW Bantul Yogyakarta Unit Budi Luhur yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 48 orang. Instrumen yang dipakai adalah Skala L-MMPI, GDS dan Barthel Index. Pengumpulan data dilakukan dengan melihat catatan data diri lansia dan membagikan kuesioner serta wawancara. Pedoman kuesioner dan wawancara telah baku dan teruji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul kemudian diuji menggunakan Statistik non parametric corellations dari Spearman’s.

Hasil dan Pembahasan : Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hubungan antara tingkat kemampuan aktivitas dasar sehari-hari dengan tingkat depresi menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,098 dengan tingkat signifikans 0,506 yang berarti ada hubungan yang lemah antara tingkat kemampuan aktivitas dasar sehari-hari dengan tingkat depresi pada lansia yang tinggal di PSTW Bantul Yogyakarta Unit Budi Luhur.

Kata kunci : Lansia, Aktivitas Dasar Hidup, Depresi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

About these ads

2 komentar

  1. informasi yang cukup menarik :)
    boleh saya mendapatkan versi lengkapnya? karena saya sedang menyusun proposal skripsi. tolong dikirim ke email saya ya

    terima kasih


  2. ya, hampir semua lansia menderita depresi , ada yang berat, ada yang ringan2 saja. kARENA SETIAP DETIK DLM KEHIDUPAN LANSIA, ADA SAJA BAGIAN TUBUH YANG MENDERITA SAKIT. SHG TERBAW DLM PENAMPILAN SEHARI2……….DARI TITO, LANSIA MAGELANG,



Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 171 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: