h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU TENTANG NUTRISI SELAMA KEHAMILAN DENGAN BERAT BADAN BAYI LAHIR DI RUMAH SAKIT UMUM BANGLI

8 Mei 2009

Sang Ayu Kompiang Sri Wahyuni

ABSTRAKSI

Salah satu peyebab terjadinya berat badan lahir rendah adalah kekurangan nutrisi selama dan sebelum kehamilan. Berat badan bayi lahir ditentukan oleh status gizi janin. Status gizi janin ditentukan oleh status gizi ibu pada waktu kehamilan dan status gizi ibu pada waktu konsepsi.  Jika status gizi ibu baik dan status kesehatan ibu selama kehamilan tidak buruk maka status gizi bayi yang kelak dilahirkan akan baik pula, begitu juga sebaliknya. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan perilaku ibu tentang nutrisi selama kehamilan dengan berat badan bayi lahir di Rumah Sakit Umum Bangli. Metode Penelitian adalah jenis penlitian ini adalah penelitian non-eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 30 responden. Uju statistik yang digunakan adalah Spearman Rho untuk mengetahui hubungan antara semua variabel menggunakan rumus korelasi ganda. Hasil penelitian  adalah analisa bivariat menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan berat badan bayi lahir (P < 0,05), begitu juga dengan perilaku, menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara perilaku ibu tentang nutrisi selama kehamilan dengan berat badan bayi lahir (P < 0,05). Dan terdapat hubungan yang signfikan antara tingkat pengetahuan dan perilaku ibu tentang nutrisi selama kehamilan dengan berat badan bayi lahir di Rumah Sakit Umum Bangli.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah tingkat pengetahuan dan perilaku mempunyai hubungan yang sangat signifikan dengan berat badan bayi lahir.

Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, perilaku, nutrisi, BBL

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

2 komentar

  1. SAYA BERMINAT DENGAN PROPOSAL INI. BAGAIMANA CARA SAYA BISA MENDAPATKAN SECARA LENGKAP ????
    MOHON DIKONFIRMASI SECEPATNYA .


  2. mw ngedapetin file yang diatas carax gimana sih?



Tinggalkan komentar