h1

HUBUNGAN PENURUNAN PRODUKTIFITAS KERJA PADA USIA LANJUT DENGAN TINGKAT KECEMASAN USIA LANJUT DI RT 01 DAN RT 02 DUSUN KEPEK DESA TIMBULHARJO KECAMATAN SEWON KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA 2008

10 Mei 2009

Oleh : Agus Widyawati

ABSTRAKSI

Latar belakang: Dusun Kepek RT 01 dan RT 02 jumlah usia lanjutnya 37,18% dari 247 orang dibandingkan RT yang lain, 47% dari jumlah usia lanjut masih bekerja dan 66% temasuk golongan keluarga miskin. Dari pernyataan 10 usia lanjut yang peneliti temui ada 8 orang  atau 80% yang menyatakan mudah menangis, tidak bisa tidur, berdebar-debar, merasa takut dan khawatir dengan kondisi yang menurun, tidak mampu bekerja optimal.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara penurunan produktivitas kerja usia lanjut dengan tingkat kecemasan usia lanjut di Dusun Kepek RT 01 dan RT 02 Timbulharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan cross sectional yang bersifat korelasional. Penelitian dilakukan pada bulan Juni di Dusun Kepek RT 01 dan RT 02 Timbulharjo, Sewon, Bantul Yogyakarta. Pengambilan sampel secara total sampling dengan jumlah responden 60 orang. Pengambilan data menggunkan kuesioner dan T-Mass. Analisa data bivariat, dengan uji hipotesis Kendal tau.

Hasil dan Pembahasan: Hasil uji hipotesisi korelasi Kendall tau ()menunjukan adanya hubungan antara penurunan produktivitas kerja usia lanjut dengan tingkat kecemasan usia lanjut. Dengan nilai koefisien kontingensi sebesar 0,520 dengan taraf signifikasi (p) 0,000.

Kesimpulan: Semakin menurunan produktivitas kerja akan mengakibatkan kecemasan, kecemasan maupun penurunan produktivitas kerja setiap orang berbeda-beda berdasarkan faktor personal.

Kata Kunci : Produktivitas kerja, kecemasan, usia lanjut.
Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan komentar