h1

PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PERAWATAN USIA LANJUT TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP KELUARGA DI RUMAH DI RW IX DAN RW X KELURAHAN PANDEYAN KECAMATAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

3 Mei 2009

Nindri Indrayati

ABSTRAKSI

Latar Belakang: Perawatan usia lanjut di RW IX dan RW X adalah bantuan atau tindakan yang diberikan kepada usia lanjut baik dalam keadaan sehat maupun sakit. Pemberian pendidikan  kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap keluarga dalam melakukan perawatan usia lanjut di rumah di RW IX dan RW X Pandeyan Umbulharjo. Sehingga kebutuhan sehari-hari usia lanjut dapat terpenuhi dengan baik.

Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan usia lanjut terhadap tingkat pengetahuan dan sikap keluarga di rumah di RW IX dan RW X Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta.

Metode: Penelitian ini adalah quasy eksperimen jenis “non-equevalent control group”. Jumlah responden yang sesuai dengan kriteria sebanyak 40 orang yang dibagi menjadi 20 orang kelompok eksperimen dan 20 orang kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan pretes dan postes dengan kuesioner serta instrument pendidikan kesehatan menggunakan leaflet.

Hasil: Uji statistik dengan rumus Mann-Whitney U Test diperoleh nilai signifikasi tingkat pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan 0.323 > 0.05 dan setelah diberikan pendidikan kesehatan 0,000 < 0.05. Sedangkan sikap diperoleh nilai signifikasi 0,599 > 0,05 sebelum diberikan pendidikan kesehatan dan setelah diberikan pendidikan kesehatan nilai signifikasi 0.015 < 0,05.

Kesimpulan: Ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang perawatan usia lanjut terhadap tingkat pengetahuan dan sikap keluarga di rumah di RW IX dan RW X Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta.

Kata kunci : pendidikan kesehatan, perawatan usia lanjut, tingkat pengetahuan, sikap keluarga.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: