h1

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KELUARGA TENTANG PERAWATAN HIPERTENSI DENGAN KEJADIAN HIPERTENSI PADA USILA DIDESA BENDO WILAYAH KERJA PUSKESMAS BENDO MAGETAN JAWA TIMUR TAHUN 2008

3 Mei 2009

SITI KHOTIJAH

ABSTRAKSI

Hipertensi merupakan penyakit yang mandapat banyak perhatian karena angka kematian dan cacat akibat penyakit jantung koroner atau kardiovaskuler meningkat dengan tajam diberbagi negara berkembang maupun dinegara maju. Sehingga perlu adanya penanggulangan, deteksi dan penatalaksanaan hipertensi dengan baik. Pengetahuan keluarga tentang perawatan hipertensi merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam mempertahankan tekanan darah pada usila.

Untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan keluarga tentang perawatan hipertensi yang menjadi variabel bebasnya, dengan kejadian hipetensi pada usila yang menjadi variable terikatnya di Desa Bendo wilayah kerja Puskesmas Bendo Magetan Jawa Timur.

Penelitian ini menggunakan metode survei analitik dengan Cross Sectional.Responden dalam penelitian ini adalah keluarga yang mempunyai Usila yang tinggal diwilayah kerja Puskesmas Bendo Magetan Jawa Timur, pada bulan Mei-Juni 2008. Untuk mendapatkan data yang relevan dengan masalah yang diteliti, peneliti menggunakan instrument pengumpulan data yang berupa kuesioner dan tensimeter. Pertanyaaan yang diajukkan terdiri dari beberapa hal yang menyangkut pengetahuan keluarga tentang perawatan hipertensi pada Usila. Uji statistik yang digunakan dengan uji Chi-Square= 0,05 menggunakan SPSS for windows persi 15.0.

Hasil penelitian didapat P = 0,001 terlihat P < , yang berarti ada hubungan yang bermakna antara pengetahuan keluarga tentang perawatan hipertensi dengan kejadian hipertensi pada Usila, di Desa Bendo wilayah kerja Puskesmas Bendo Magetan Jawa Timur.

Kata kunci :Pengetahuan – Perawatan – Kejadian hipertensi.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

5 komentar

  1. boleh minta sop copynya nggx…thank


  2. apakah boleh saya minta data lengkapnya…?????
    kalau boleh ini alamat email saya…frengki.selabih@yahoo.co.id


  3. boleh dong data lengkapna


  4. bagi dunk skripsi ini


  5. mau, data selengkapnya dong????



Tinggalkan komentar