h1

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PARA LULUSAN PERAWAT DI KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH UNTUK MELANJUTKAN STUDI SARJANA KEPERAWATAN

3 Mei 2009

SUYANTO

ABSTRAKSI

Dasar dari penelitian ini adalah karena adanya UU RI No 23 tahun 1992 tentang kesehatan pasal 32 ayat 4 dinyatakan bahwa pelaksanaan pengobatan dan perawatan berdasarkan ilmu kedokteran dan ilmu keoerawatan, hanya dapat dilaksanakan oleh tenaga kesehatan yang mempunyai keahlian dan kewenangan Maka pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan professional bertanggung jawab terhadap penampilan lulusannya, sehingga pelaksanaan program pendidikan harus berdasarkan standar pendidikan yang merupakan persyaratan dalam mencapai mutu pendidikan yang  professional. Studi pendahuluan didapatkan hasil bahwa para lulusan perawat yang menyatakan berminat 60% dan tidak berminat 40%. Hal ini dipengaruhi oleh Faktor minat yang merupakan suatu sifat relative melekat dan dapat berubah – ubah pada diri seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Faktor – Faktor yang mempengaruhi minat para perawat untuk melanjutkan  ke sarjana keperawatan.

Penelitian ini untuk mengetahui hubungan minat para perawat di Puskesmas Kabupaten Karanganyar. Dan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan non eksperimen, dengan pendekatan cross sectional yang disajikan secara deskriptif analitik. Jumlah sample sebanyak 51 orang. Data berskala nominal ordinal sehingga dianalisis dengan uji chi-square dan uji linier regression. Berdasarkan hasil penelitian responden yang menyatakan berminat sebanyak 31 0rang (60,8%) dan tidak berminat 20 (39,2%). Adapun waktu penelitian dimulai sejak bulan januari hingga juni 2008.

Dari uji chi-square dengan tingkat kepercayaan 95% didapatkan hasil bahwa  Faktor yang signifikan terhadap minat para perawat untuk melanjutkan ke sarjana  keperawatan, adalah Faktor keluarga, meningkatkan pengetahuan dan mendapat legislasi. Sedangkan dengan uji regresi linier secara bersama – sama signifikan dengan nilai p= 0,000 terhadap minat para perawat untuk melanjutkan ke sarjana  keperawatan.

Berdasarkan uji regresi linier didapatkan bahwa Faktor yang paling dominan memperngaruhi minat para perawat untuk melanjutkan ke program keperawatan adalah Faktor keluarga (p=0,027) kemudian disusul oleh Faktor Sosial ekonomi (p=0,041).

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

12 komentar

  1. sobat saya tertarik dengan skripsi ini, bolehkah saya minta yg lengkap, thanks before


  2. saya tertarik dengan sripsi ini bgaimana cara untuk mendapatkan data yang selengkapnyaaa


  3. bgmna cara mendapatkan versi lengkapx pak,,mohon info dan dibalas,,makasih,,salam


  4. aslmkm..sy tertarik dgn skirpsi ini…bgamana mndapatkan versi lengkapx,,,mohon info dan balasanx,,salam terima kasih sblumx


  5. tolong referensi lengkapnya…….


  6. kyknya judulnya mnarik,,,,,thks ats sarannya,,,


  7. minta donk versi lengkapnya… Buat bahan pembanding skripsi yang akan diajukan…


  8. minta donk referensi lgkpnya..lagi butuh nih
    makasih sebelumnya…
    salam


  9. minta donk referensi lgkpnya..lagi butuh nih
    makasih sebelumnya…
    salam


  10. saya tertarik dengan skripsi ini…karena mirip dengan judul skripsi yg mau saya ajukan boleh tidak saya mendapatkan versi lengkap untuk bahan tambahan skripsi saya


  11. tertarik juga ni, dgan jdul na cma beda na bidan yg lanjut ke D IV kebidanan, plzzzzzzzz bantuin dunk ,,,,,,(^ _ ^ )


  12. saya tertari skrisi ini,bagaimana cara mendapatkan versi lengkapnya?.thx mohon segera dibalas.
    salam



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: