h1

Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Alat Permainan Edukatif Dengan Tingkat Perkembangan Motorik Halus Pada Anak Prasekolah Di Kelurahan Kwarasan Juwiring Klaten Jawa Tengah 2008

3 Mei 2009

Elis Zulaikha Kumala Dewi

ABSTRAKSI

Tahun pertama kehidupan adalah periode pertumbuhan dan perkembangan yang tercepat dan terpenting bagi seorang individu. Untuk mencapai pertumbuhan dan perkembangan anak yang optimal upaya yang dapat dilakukan yaitu melelui stimulasi bermain menggunakan alat permainan edukatif (APE) sehingga dapat menigkatkan perkembangan motorik halus anak.Ibu memegang peranan yang sangat penting dalam melaksanakan stimulasi bermain karena ibu adalah sosok yang paling dekat dengan anak. Untuk itu diperlukan pengetahuan ibu tentang alat permainan edukatif. Dan dikelurahan kwarasan juwiring klaten banyak dijumpai ibu-ibu yang kurang memahami jenis permainan yang sesuai dengan umur dan tingkat perkembangan anak sehingga peneliti tertarik melakukan penelitian tentang pengetahuan ibu tentang alat permainan edukatif dengan tingkat perkembangan motorik halus pada anak pra sekolah

Tujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang alat permainan edukatif dengan tingkat perkembangan motorik halus pada anak  pra sekolah.

Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 44 responden didapatkan tingkat pengetahuan baik yaitu 21 orang (47,7%), cukup 9 orang (20,5%) dan tingkat pengetahuan kurang yaitu 14 orang (31,8%). Sedangkan tingkat perkembangan motorik halus anak pra sekolah adalah baik 15 anak (31,4%) dan kurang 14 anak (31,8%).

Kesimpulannya adalah ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang alat permainan edukatif terhadap tingkat perkembangan motorik halus pada anak prasekolah di Kelurahan Kwarasan Juwiring Klaten.

Kata kunci : Tingkat Pengetahuan Ibu, Tingkat perkembangan Motorik halus,Anak Usia Prasekolah

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

19 komentar

  1. mohon bantuan buat mendapatkan file skripsi diatas. terimakasih


  2. mohon info untuk mendapatkan file skripsi diatas. thanks


  3. mohon info untuk mendapatkan file judul di atas ka. thanks


  4. assalamulaikum maaf sebelumnya,saya lai skripsi bolehkah saya minta file yg lbih lengkap,,terima kasih sebelumnya.


  5. ass,,,
    boleh saya dapat skripsi lengkap karena judul hampir sama dengan tugas skripsi saya,,,
    trima kasih


  6. ass…..boleh tidak sy minta data lengkapnya karna judul sy hampir mirip dgn skripsi ini, makasih sebelumnya dan mohon bantuannya


  7. asslmualaikm. sblumnya mohon maaf,,,,saat ini saya smntra mnyusun tugas akhir studi dan judulx hampir sama….bole ga’ ?? saya minta file lengkapx…
    sblumnya trimah kasih


  8. ass,,
    boleh tidak saya minta data lengkapnya,
    bagaimana caranya?/


  9. saya sedang menyusun karya tulis ilmiah yang memiliki judul hampir sama dengan ini.
    apa saya boleh minta salinannya??
    terima kasih sebelumnya!!


  10. assalamu alikum
    bleh kah saya mendaptkan skripsi lengkapy
    karna saya sedang menyusun skripsi d3 keperawatan
    dengan judul yang hampir sama
    mohon bantuannya
    terimakasih


  11. assalamualaikum…bleh tidak saya minta file lengkapnya….mhon bantuannya..terima kasih sebelumnya


  12. bisakah saya mendapatkan data lengkap tentang penelitin ini,?saya mohon bantuanya,,


  13. saya tertarik dengan judul skripsi ini ,.,.
    boleh saya minta soft kopinya ?
    kemana saya harus mentransver uangx ?
    tolong konfirmasinya,
    trims,..,,.


  14. saya sedang mencari refensi buat jurnal..tolang lah saya..kiri selengkapnya jurnal ini ke alamat imel saya..makasih sekali


  15. apa bisa saya minta salinan skripsi ini sebagai bahan referensi saya, thank u


  16. saya juga ingin mendapat salinan lengkapnya, bisa?


  17. Istri sy sedang menyusun Skripsi dgn judul yg hampir sama, setelah membaca abstraksinya tulisan ini akan lebih memperkaya tulisan tsb maka sy berharap mendapatkan salinan lengkapnya, terima kasih atas bantuannya.


  18. trimakasi sebelumnya…
    boleh tidak saya mendapatkan data lengkap karena penelitian ini sama dengan penelitian saya….
    mohon bantuannya…


  19. saya tertarik dengan skripsi ini, apa bisa saya dapatkan salinan lengkapnya, terima kasih.



Tinggalkan komentar