h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI DENGAN STATUS GIZI BALITA DI POSYANDU MANGKUYUDAN KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA TAHUN 2008

3 Mei 2009

Oleh : Faizah Kuswandari

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Puskesmas Mantrijeron tahun 2005 Posyandu yang terdapat status gizi buruk atau kurang pada balita adalah di Posyandu Mangkuyudan, Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta sebesar dari 20 responden didapatkan 53,8% berarti ada 9 balita yang mengalami gizi buruk.Dari studi pendahuluan yang telah dilakukan oleh peneliti pada bulan November tahun 2007.

Tujuan : dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi anak di Posyandu Mangkuyudan Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta tahun 2008.

Metode penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik korelasional. Analitik korelasional karena mencari hubungan dua variable yang kemudian akan dicari koefisien korelasinya. Dengan menggunakan dua variabel yaitu tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita, jumlah sample dalam penelitian ini adalah 50 tehnik pengambilan sample dengan cara total sample.

Hasil : dalam penelitian ini adalah status gizi anak dengan tingkat pengetahuan baik dan status gizi cukup baik adalah 31 atau 62%, dan hasil penghitungan Kendall’s Tau adalah 0,879% besarnya hubungan yaitu 87.9%.

Kesimpulan :Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu dengan status gizi balita di Posyandu Mangkuyudan Kecamatan Mantrijeron, Yogyakarta 2008 dengan nilai 87,9%.

Kata Kunci : Tingkat pengetahuan ibu, status gizi balita

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

4 komentar

  1. Blh minta data lengkap dari KTI ini ngga,, tolong ya,,

    dari minda


  2. gimana sih cara melihat judul yang ini?


  3. admin tolong kirim lanjutannya dong…makasii


  4. bagaiman cara melihat contoh ini, sepertinya saya tertarik,karena diwilayah saya masih banyak hubungan antara gizi anak kaitannya dengan pengetahuan ibu



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: