h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN PERUBAHAN BERAT BADAN BALITA USIA 6-24 BULAN DIPOSYANDU CEMPAKA TANJUNGRASA KIDUL PATOK BEUSI SUBANG JAWA BARAT

3 Mei 2009

Oleh : Lia Yulianti

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Kasus gizi buruk yang disebabkan oleh kekurangan konsumsi pangan dan mutu gizi yang dikonsumsi keluarga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pertumbuhan balita selain pendidikan ibu, pekerjaan ibu, serta pengetahuan ibu. Faktor ini sangat menentukan karena pemberian makanan yang meliputi kualitas dan kuantitas makanan, jadwal pemberian makan anak karena ibu sangat berperan dalam mengatur konsumsi makanan anak. Sebagian besar kejadian kurang gizi dapat dihindari apabila mempunyai cukup pengetahuan tentang cara pemeliharaan gizi dan mengatur makanan anak.

Tujuan : Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI dengan perubahan berat badan pada balita usia 6 – 24 bulan.

Metode : penelitian ini adalah observasional korelasi dan pendekatan crossectional. Dilakukan di Posyandu Cempaka Tanjungrasa Kidul Patok Beusi Subang Jawa Barat pada bulan November – Desember 2007. Subyek ibu yang memiliki balita usia 6 – 24 bulan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan berat badan menggunakan KMS, alat analisa menggunakan Sperman Rho

Hasil : Tingkat pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI termasuk dalam kategori cukup (68,8%) perubahan berat badan balita usia 6 -24 bulan mengalami kenaikan (68,8%). Ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI dengan perubahan berat badan balita. Hasil analisis korelasi menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,404 (sig.p 0,022 < 5%), dengan demikian jika pengetahuan meningkat maka perubahan berat badan semakin baik.

Kata Kunci : tingkat pengetahuan, makanan pendamping ASI, berat badan

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

10 komentar

  1. mohon konfirmasinya mengenai skripsi “HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG MAKANAN PENDAMPING ASI DENGAN PERUBAHAN BERAT BADAN BALITA USIA 6-24 BULAN DIPOSYANDU CEMPAKA TANJUNGRASA KIDUL PATOK BEUSI SUBANG JAWA BARAT”


  2. asalamualaikum bu lia,saya ingin info kelengkapan dari skripsi selengkapanya dan mohon kirim bab I-V


  3. bu minta dong info lengkapnya dari skipsi yang ibu buat.trima kasih


  4. selamat siang, blh tdk saya minta babi I-bab 5 nya? saya butuh utk skripsi d4 saya . mohon dikirimkan


  5. ibu lia tolong di kirim skripsinya di email saya sebelumnya terimakasih


  6. selamat siank ibu Lia, saya mau tau info klngkpan yg ibu publikasikan ini scpntnya…. mhn kirimkan bab I-V


  7. mohon untuk skripsi selengkapnya karena saya juga ingin meneliti tentang mp asi, terima kasih


  8. ibu lia saya mau minta kelengkapan dari skripsi ibu mohon dikirimkan..


  9. siang mbaq lia…. bsa kirimkan info kelengkapan dari skripsi yang saya publikasikan secepatnya… dan mohon kirim dari bab i-v


  10. selamat siang ibu lia,saya ingin info kelengkapan dari skripsi yang ibu publikasikan secepatnya….dan mohon kirim bab I-V



Tinggalkan komentar