h1

PENGARUH KEPUASAN PASIEN TERHADAP PEMANFAATAN KEMBALI JASA PELAYANAN KESEHATAN DI INSTALASI RAWAT INAP BANGSAL PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT UMUM SURYA HUSADHA DENPASAR – BALI TAHUN 2008

4 Mei 2009

Oleh : Ni Nyoman Mitayani

ABSTRAK

Latar belakang : Rumah Sakit Surya Husadha merupakan Rumah Sakit yang berkembang di Bali dimana dapat dilihat dari bangunannya yang mewah dan besar sehingga perlu diimbangi adanya perbaikan mutu pelayanan, baik fasilitas maupun dalam pemberian pelayanan kesehatan.

Tujuan : Untuk mengetahui Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Pemanfaatan Kembali Jasa Pelayanan Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Surya Husadha Denpasar – Bali.

Metode : Jenis penelitian analisis kuantitatif dengan menggunakan metode seksional silang (cross sectional). Jumlah populasi sebanyak 300 orang dengan sampel 134 responden, diambil dengan menggunakan rumus Nomogram Harry King. Uji validitas menggunakan korelasi product moment, dan uji reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha cronbach. Uji analisis menggunakan Regresi linier berganda.

Hasil dan Pembahasan : Hasil uji regresi menunjukkan bahwa nilai R² = 0,328, F hitung > F tabel (15,710 > 2,44), Secara parsial kenyamanan, hubungan pasien dengan petugas, kompetensi teknis petugas dan biaya berpengaruh terhadap Pemanfaatan Kembali Jasa pelayanan Kesehatan, nilai t hitung yaitu kenyamanan 1,705, hubungan pasien dengan petugas 1,332, kompetensi teknis petugas 0,963 dan biaya 4,593, sehingga faktor yang paling dominan adalah biaya.

Kesimpulan : Sebagian besar responden menyatakan tingkat kepuasan pasien sedang yaitu 106 orang atau 79,10%, sebagian besar responden menyatakan tingkat Pemanfaatan Kembali Jasa pelayanan Kesehatan yang tinggi yaitu 126 orang atau 94,03%, Fhitung > F tabel (15,710>2,44) sehingga variabel independen kenyamanan, hubungan pasien dengan petugas, kompetensi teknis petugas dan biaya secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Pemanfaatan Kembali Jasa pelayanan Kesehatan, faktor paling dominan adalah biaya dengan nilai t hitung = 4,593

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Pemanfaatan Kembali Jasa pelayanan Kesehatan, Rawat Inap, Regresi Linier Berganda

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: