h1

PENGARUH LINGKUNGAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PERAWAT RAWAT INAP DI BADAN PENGELOLAAN RSUD KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2008

4 Mei 2009

Oleh : Nor Mustaqimah

ABSTRAK

Latar belakang: setting ruangan yang kurang mendukung, ruangan terlalu sempit, jarak antara pasien satu dengan yang lain terlalu dekat, lokasi rumah sakit yang dekat dengan rel kereta api menyebabkan tingkat kebisingan tinggi. Peralatan penunjang yang kurang mendukung, seperti kursi roda dan tiang infus yang digunakan oleh perawat sudah rusak. Pemberian reward dan insentif yang masih rendah, pelatihan yang terkesan hanya untuk orang-orang itu saja (untuk pegawai tetap) sedangkan untuk pegawai tidak tetap masih kurang. Tujuan Penelitian ini adalah diketahuinya pengaruh lingkungan dan motivasi kerja terhadap produktivitas perawat rawat inap di BP RSUD Kabupaten Kebumen. Metode: penelitian survey bersifat asosiatif kausal dengan rancangan cross sectional dimana variabel-variabel yang termasuk faktor risiko (independen) dan variabel-variabel yang termasuk efek (dependen) diobservasi sekaligus pada waktu yang sama (Notoatmodjo, 2002). Populasi dari penelitian ini adalah 92 orang perawat berdasarkan daftar hadir PNS dan PTT BP RSUD Kabupaten Kebumen bulan Februari 2008, sedangkan sampel yang di ambil 83 orang menurut tabel dari Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 1 % (setelah dilakukan perhitungan dengan pembulatan keatas terdapat 84 orang). Teknik sampling menggunakan Probability Sampling dengan proportionate stratified random sampling.

Hasil: dari pengukuran lingkungan kerja (kebisingan) yang dilakukan oleh peneliti menggunakan Sound Level Meter yaitu tingkat kebisingan tertinggi 62, 6 dB yakni di ruang Teratai dan tingkat kebisingan terendah di ruang Mawar/ Peristi sebesar 35, 3 dB. Lingkungan kerja (kebisingan) di BP RSUD Kabupaten Kebumen adalah sedang, dibuktikan dari tujuh ruangan/ bangsal rawat inap yang di ukur dengan Sound Level Meter, empat ruangan masuk kategori sedang, dua ruangan masuk kategori tenang dan satu ruangan masuk dalam kategori kuat. Motivasi kerja perawat rawat inap di BP RSUD Kabupaten Kebumen adalah cukup, dibuktikan dari tujuh ruangan yang diteliti, lima ruangan masuk dalam kategori cukup dan dua ruangan masuk dalam kategori baik. Diketahui nilai t hitung untuk lingkungan X1 = – 2, 827 < – t tabel= – 1, 989, nilai t hitung untuk motivasi X2 = 2, 784 > t tabel = 1, 989 dan diketahui nilai F hitung = 8, 953 > F tabel = 3, 109, dan nilai signifikansinya = 0, 000 < dari α = 0,05.

Kesimpulan : Ada Pengaruh Lingkungan dan Motivasi Kerja terhadap Produktivitas Perawat Rawat Inap di BP RSUD Kabupaten Kebumen.

Kata kunci : lingkungan, motivasi, produktivitas

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

One comment

  1. tolong kirimkan file lengkapnya ya



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: