h1

PENGARUH PERSEPSI PASIEN TENTANG KUALITAS PELAYANAN PERAWAT TERHADAP KEPUASAN RAWAT INAP KELAS III BANGSAL ANGGREK DI RSUD KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2008

4 Mei 2009

ABSTRAK

Rumah Sakit Umum Daerah Kota Yogyakarta merupakan rumah sakit milik pemerintah daerah Kota Yogyakarta yang mendapat anggaran dana dari pemerintah dan merupakan rumah sakit Swadana, akan tetapi pada saat pengambilan data penelitian, RSUD Kota Yogyakarta belum bisa mencapai target yang diinginkan, hal ini dapat dilihat pada data jumlah kunjungan pasien yaitu sebanyak 7.539 orang sedangkan yang diinginkan 76.089 orang dan BOR (Bed Occupancy Rate) 71,6 % sedangakan BOR ideal yaitu 75 % – 85 % . Selain itu dapat pula dilihat data tingginya angka kepulangan atas permintaan sendiri (APS) di bangsal Anggrek sebanyak 113 orang berdasarkan data 6 bulan terakhir di tahun 2007

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh persepsi pasien tentang kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan rawat inap kelas III bangsal Anggrek di RSUD Kota Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan rancangan cross sectional dan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya pada 30 responden (pasien atau keluarga pasien). Dengan jumlah sampel  penelitian yaitu 76 orang di bangsal Anggrek kelas III berdasarkan data jumlah pasien 2 bulan terakhir di tahun 2007. Untuk pengolahan data  meggunakan analisis regresi linier berganda.

Deskripsi responden menunjukan bahwa dari 76  responden yang paling dominan yaitu responden dengan jenis kelamin perempuan sebanyak 60 orang, usia dominan 21 – 29 tahun sebanyak 42 orang, status perkawinan yang dominan yaitu menikah sebanyak 67 orang, pendidikan terakhir yang dominan adalah SLTA sebanyak 35 orang, pekerjaan yang dominan yaitu  ibu rumah tangga sebanyak 38 orang, pendapatan yang dominan adalah Rp 0 – Rp500.000 sebanyak 57 orang dan cara pembayaran yang dominan yaitu menggunakan askeskin sebanyak 42 orang. Berdasarkan analisis pengkategorian dari 76 responden, 39 orang mempersepsikan kualitas  pelayanan perawat dalam kategori kualitas tinggi dan untuk kepuasan rawat inap 49 orang menyatakan tingkat kepuasan tinggi. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda terdapat pengaruh persepsi pasien tentang kualitas pelayanan perawat terhadap kepuasan rawat inap. Dapat diilihat koefisien determinan (R²) sebesar 36,3% dan sisanya 63,7 % dipengaruhi oleh faktor lain (kebutuhan dan keinginan, pengalaman masa lalu, pengalaman dari teman, dan komunikasi melalui iklan dan pemasaran).

Kata Kunci : Persepsi Pasien, Kualitas Pelayanan Perawat, Kepuasan Rawat Inap, Regresi Linier Berganda.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

One comment

  1. aku pengen tahu lebih jauh tentang kualitas pasien tehadap keperawan,tolong bantu saya? terima kasih.



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: