h1

HUBUNGAN ANTARA BAURAN PEMASARAN DENGAN KEPUTUSAN PASIEN UNTUK MEMBELI ULANG JASA RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT DAERAH PANEMBAHAN SENOPATI BANTUL

8 Mei 2009

DIAN EVITA

ABSTRAKSI

Setiap rumah sakit dalam lingkungan persaingan harus selalu memenuhi keinginan pasien dengan produk dan jasa pelayanan kesehatan yang mereka sediakan dan hasilkan, sebagai syarat utama jika ingin tampil sebagai pemenang dan dapat bertahan dalam persaingan global. Oleh karena itu, rumah sakit mempunyai suatu perencanaan strategi pemasaran yang baik, bermutu dan berkualitas. Dimana strategi pemasaran tersebut diharapkan agar dapat meningkatkan jumlah pasien yang datang untuk berobat, terutama pasien rawat inap pada suatu rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara bauran pemasaran dengan keputusan pasien untuk membeli ulang  jasa rawat inap di Rumah Sakit Daerah Panembahan Senopati Bantul. Dengan menggunakan strategi dikenal dengan 4 P yaitu: Product/jasa, Price/harga, Place/Distribusi, dan Promotion/Promosi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan pendekatan yang digunakan adalah cross sectional (sebab akibat). Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap Rumah Sakit Daerah Panembahan Senopati Bantul di bangsal Nusa Indah, Bougenfil, Flamboyan, dan Melati. Rata-rata populasi per bulan tahun 2007 yaitu sebanyak 1.181 responden. Sampel yang digunakan untuk memakili populasi sebanyak 100 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sample. Kemudian pengumpulan data menggunakan teknik dan instrumen kuesioner atau angket yang teruji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dengan bantuan program SPSS 11.50.

Dari penelitian dan analisis yang dilakukan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa bauran pemasaran berhubungan secara signifikan terhadap keputusan pasien untuk membeli ulang  jasa rawat inap di Rumah Sakit Daerah Panembahan Senopati Bantul. Hal ini terbukti dari nilai korelasi antara bauran pemasaran secara keseluruhan dengan keputusan pasien sebesar 0,784  > dari nilai r tabel sebesar 0,197 dengan tingkat signifikan 5%.

Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Pasien Membeli Ulang

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

One comment

  1. bagaimana saya bisa mendapatkan skripsi ini..?
    terimah kasih..



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: