h1

HUBUNGAN BEBAN KERJA PERAWAT IGD DENGAN WAKTU TANGGAP PELAYANAN KEPERAWATAN GAWAT DARURAT MENURUT PERSEPSI PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT BADAN PELAYANAN KESEHATAN RSU KABUPATEN MAGELANG

8 Mei 2009

Rahmatwati Puji Astuti

ABSTRAKSI

Latar belakang: Pelayanan pasien gawat darurat adalah pelayanan yang memerlukan pelayanan segera, yaitu cepat, tepat dan cermat untuk mencegah kematian dan kecacatan. Salah satu indikator mutu  pelayanan  adalah  waktu tanggap (respon time).

Rata-rata pasien perhari yang masuk IGD BPK RSU Kabupaten Magelang berjumlah 30 pasien, tidak sesuai dengan tenaga perawat IGD yang berjumlah 16 orang, dimana selain melayani pasien baru yang masuk IGD masih diberi tanggung jawab merawat pasien di ruang rawat inap tunggu berkapasitas 5 tempat tidur yang  membuat perawat merasa tidak dapat berfokus pada pasien baru yang masuk IGD. Perawat sering mendapat keluhan dari pasien dan keluarga bahwa pelayanan di IGD lambat.

Tujuan: Diketahuinya hubungan beban kerja perawat IGD dengan waktu tanggap pelayanan keperawatan gawat darurat.

Metode penelitian: Pengambilan sampel bersifat deskriptif non eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Penelitian untuk perawat dilakukan secara total sampling dengan jumlah 16 perawat dan  16 sampel untuk pasien menggunakan teknik kuota sampling. Perawat dan pasien diberi kuesioner, data dianalisis dengan uji statistik korelasi Kendall’s Tau.

Hasil: Beban kerja perawat IGD 75% berat, 25% ringan dan waktu tanggap pelayanan 56,25% lambat, 43,75% cepat. Hubungan beban kerja perawat IGD dengan waktu tanggap pelayanan (p=0,028).

Kesimpulan: Beban kerja perawat IGD BPK RSU Kabupaten Magelang dalam kategori berat. Waktu tanggap pelayanan keperawatan gawat darurat dalam kategori lambat. Ada hubungan antara beban kerja perawat IGD BPK RSU Kabupaten Magelang dengan waktu tanggap pelayanan keperawatan gawat darurat menurut persepsi pasien 

Kata kunci:Beban kerja, waktu tanggap pelayanan keperawatan, persepsi

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

30 komentar

  1. adakah konsepjurnal respon time perawat dlm penganan pasien trauma???????aku butuh bangat


  2. tolong kirim konsep beban kerja dan waktu tanggap pelayanan IGD ,makasih ….


  3. Boleh minta file lengkapnya?


  4. tolong dong kirimim penelitian tentang teori beban kerja ya ,mo skrifsi pengaruh bebab kerja terhadap beban kerja perwat igd


  5. tolong kirimin teori tentang waktu tanggap pelayanannya dong mbak…


  6. saya sangat tertarik dengan penelitian ini…tolong kirimin teori tentang beban kerja dan waktu tanggap nya dong mbak…


  7. Bisa minta tolong kirim selengkapnya ? Makasih


  8. thanks banget tulisannya… boleh saya minta yang lengkap berkaitan dengan penelitian saya? Terima kasih banyak…


  9. saya minta di emailkan file skripsi ini,


  10. bisa di kirim tentang teori waktu tanggap ga ke saya kalo bisa kirim ke sini ya alamat


  11. bleh minta dkrimkan file lengkapx,..? tolong dbntu


  12. tolong kirimin donk,sy jg lg buat skripsi tentang beban kerja ni..


  13. bisa dikrm file lengkpnya k”???


  14. tolong di kirim dong buat saya


  15. boleh minta tolong dikirimkan teori beban kerja dan waktu tanggap gawat daruratnya..
    trimakasih banyak 🙂


  16. saya tertarik dengan metode wisn ini blehkah saya mendapatkan hasil penelitian tersebut ?


  17. kak..saya bisa ngedapetin info lengkap gx tentang skrip ini ??
    terimakasih sebelumnya..:)


  18. gimana carax download judul skripsi diatas secara utuh. tolng dong bro


  19. tolong kirimkan teori tentang waktu tanggap pelayanan keperawatan. Saya sedang buat proposal tentang waktu tanggap pelayanan keperawatan.


  20. tolong kirim proposal tentang waktu tanggapnya . trims


  21. saya mau cari banyak judul proposal selain yang aku dapat. thank’s


  22. tolong dong aku pengen tahu pengertian waktu tanggap


  23. tolong kirimkan teori tentang beban kerja perawat.saya sedang buat proposal tentang beban kerja.makasih.


  24. tolong kirimkan teori tentang beban kerja .saya sedang buat proposal tentang beban kerja.makasih.


  25. mintolah
    kirim konsep teori beban kerja en
    waktu tanggap pelayanan di IGD


  26. mohon saya dikirimkan penelitian ini lengkap, rencana akan saya buat referensi skripsi saya ttg beban kerja petugas rekam medis…trus kalo pakai biaya berapa? makasih atas bantuannya…


  27. Mbak…Tolong kirimin teori tentang beban kerja ya..mau skripsi pengaruh beban kerja petugas rekam medis…dgn waktu tunggu pasien di TPPRJ..thank before


  28. tolong kirimkan teori tentang beban kerja .saya sedang buat proposal tentang beban kerja.makasih.


  29. mohon saya dikirmkan penelitian ini, rencananya akan saya buat u skripsi saya, trima kasih sebelumnya

    salam


  30. Tulisannya bagus , tolong kirimin teori tentang bebean kerja ya, mo skripsi pengaruh beban kerja dengan dokumentasi keperawatan



Tinggalkan komentar