h1

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN TB PARU DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN PADA ANGGOTA KELUARGA DI KECAMATAN NGADIREJO KABUPATEN TEMANGGUNG

8 Mei 2009

Jais Prihanto

ABSTRAKSI

Di Kecamatan Ngadirejo Kabupaten temanggung kunjungan kasus TB Paru mengalami kenaikan, kuman TBC dapat menyerang siapa saja mulai dari balita sampai usia lanjut dan dapat menyebabkan kematian. Perilaku seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain : jenis kelamin, tingkat pendidikan, penghasilan. Melalui penelitian ini, diteliti tentang hubungan antara karakteristik pasien TB Paru yang meliputi jenis kelamin, pendidikan, penghasilan dengan perilaku pencegahan penularan kepada anggota keluarga.

Penelitian ini merupakan penelitian  diskriptif analitik dengan data yang diambil secara cross sectional menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini pasien yang masih dalam masa pengobatan di Kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung dengan total sampling adalah 55 responden. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis menggunakan analisis chi square. Hasil analisis menunjukkan tidak ada hubungan antara jenis kelamin pasien dengan perilaku pencegahan penularan penyakit, menunjukkan ada hubungan antara pendidikan pasien dengan perilaku pencegahan penularan penyakit TB paru dan menunjukkan ada hubungan antara pendapatan pasien dengan perilaku pencegahan penularan penyakit TB paru.

Perilaku pencegahan penularan TB paru sebagian besar berperilaku baik, jenis kelamin hampir seimbang antara pria dan wanita. Tingkat pendidikan responden sebagian besar pendidikan rendah. Penghasilan responden sebagian besar antara 350.000 – 750.000.

Kata kunci : karakteristik, perilaku pencegahan penularan TB Paru

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: