h1

PERBEDAAN TINGKAT DEPRESI MASA MENOPAUSE ANTARA IBU BEKERJA DAN IBU RUMAH TANGGA DI DUSUN KEMUNING, KELURAHAN SEMANDING, KECAMATAN SEMANDING, KABUPATEN TUBAN-JAWA TIMUR

15 Juli 2009

INTISARI

Kukuh Novia Margiati

Dari berbagai penelitian bahwa terdapat 60% tingkat depresi ibu rumah tangga pada masa menopause dan 40% tingkat depresi ibu bekerja pada masa menopause.diperoleh dari data lain bahwa 75% wanita mengalami menopause akan merasakan depresi atau masalah, sedangkan 25% tidak memasalahkannya.

Menurut laporan yang diterima Dinas Kesehatan provinsi Jawa timur bahwa tahun 1999 di Tuban Jawa Timur terdapat 900 ibu-ibu menopause dan diperoleh fakta bahwa ibu bekerja mengalami depresi 45% dan ibu rumah tangga 55%. (Kuntjoro,2002).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat depresi pada masa menopause antara ibu bekerja dan ibu rumah tangga di Dusun Kemuning, Kelurahan Semanding, Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban-Jawa Timur. Subjek penelitian ini adalah 37 ibu-ibu menopause yang masih bersuami, yang terdiri dari 18 ibu bekerja dan 19 ibu rumah tangga. Teknik penelitian sampel dilakukan dengan menggunakan teknik total sampling atau sampling jenuh, Sedangkan pengumpulan data dengan menggunakan metode angket yang berbentuk Skala Likert. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Depresi pada Masa Menopause diukur dengan skala ordinal dan status kerja ibu di ukur dengan skala nominal. Teknik analisis statistik penelitian menggunakan paired t-test.

Hasil analisis diperoleh nilai t = 8,328, dengan p =0,000 karena p < 0,05 maka Ho ditolak artinya ada perbedaan tingkat depresi  pada masa menopause antara ibu bekerja dan ibu rumah tangga Di Dusun Kemuning, Kelurahan Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban-Jawa Timur. Tingkat depresi pada masa menopause ibu rumah tangga lebih tinggi daripada ibu bekerja ( mean ibu rumah tangga =158,63 dan mean ibu bekerja = 117,67).

Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan tingkat depresi pada masa menopause antara ibu bekerja dan ibu rumah tangga di Dusun Kemuning, Kelurahan Semanding, Kabupaten Tuban-Jawa Timur.

Kata Kunci : Depresi menopause, Ibu bekerja , Ibu rumah tangga.

3 komentar

  1. bagaimana dengan munculnya bintik putih pada kukku


  2. tolong di kirim versi lengkap kak


  3. tlg kirim versi lengkap donk..
    makasi



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: