h1

ASUHAN KEPERAWATAN PADA KLIEN TN “ H “ DENGAN STROKE NON HEMORAGIK DI UNIT STROKE RSUP DR. SARDJITO YOGYAKARTA

13 Juli 2014

ABSTRAK

Oleh: Rofik Sainusin

Studi Kasus dengan judul Asuhan Keperawatan Pada Klien Tn. “H” dengan Stroke Non Hemoragik Di Unit Stroke RSUP DR SardjitoYogyakarta ini merupakan studi kasus yang berisikan tentang asuhan keperawatan pasien Stroke dengan menggunakan pendekatan proses keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosa, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Seiring dengan perkembangan jaman yang semakin modern, timbul berbagai macam penyakit yang dapat membahayakan kesehatan manusia. Salah satu contohnya adalah penyakit stroke. Stroke merupakan kelainan pembuluh darah, yang diakibatkan oleh pecahnya (ruptur) pembuluh darah di otak atau terjadinya trombosis dan emboli, dapat berupa iskemik dan hemoragik.
Asuhan keperawatan ini menguraikan permasalahan dan pemecahan masalah dengan cara studi kasus. Dalam mengumpulkan data menggunakan tehnik wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, dan catatan rekam medis. Dari hasil pengkajian didapatkan enam diagnosa keperawatan yang sesuai dengan Nanda yaitu resiko perfusi jaringan serebral tidak efektif, konstipasi, hambatan mobilitas fisik, defisit self care mandi & toiletting, dan resiko ketidakstabilan kadar glukosa darah. Diagnosa tersebut diangkat karena ada data yang muncul. Pelaksanaan asuhan keperawatan dilakukan kerjasama dengan tim kesehatan dan semua dilakukan sesuai rencana keperawatan.
Kesimpulan pelaksanaan asuhan keperawatan yang komperhensif pada pasien stroke non hemoragik ada enam diagnosa keperawatan yang muncul dan setelah dievaluasi keenam diagnosa masalah teratasi sebagian dan ada yang belum teratasi. Saran diharapkan meningkatkan dalam pemberian asuhan keperawatan yang lebih berkualitas kepada penderita stroke.

Kata kunci : Stroke Non Hemoragik

Karya Tulis Ilmiah ini milik Akademi Kesehatan Karya Husada Yogyakarta, Anda dapat membacanya di perpustakaan Akademi Karya Husada Yogyakarta sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Atau jika Anda ingin memperoleh soft copy full teksnya silahkan hubungi: stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda (ketentuan berlaku).

PERHATIAN : Pastikan Anda telah menuliskan nama dan alamat email Anda dengan benar.

2 komentar

  1. saya memerlukan bahan ajar tersebut sebagai panduan saya membuat asuhan keperawatan


  2. tolong kirim ke email saya



Tinggalkan komentar