h1

HUBUNGAN ANTARA PELAYANAN ANC PADA IBU HAMIL DENGAN TINGKAT KEPUASAN PELAYANAN ANC DI PUSKESMAS TABANAN II KABUPATEN TABANAN BALI

1 Mei 2009

Made Dewi Puspa Rini

ABSTRAKSI

Latar belakang : Pelayanan ANC merupakan pelayanan yang di berikan kepada

ibu hamil untuk memantau kemajuan kehamilan dan memastikan kesehatan ibu dan tumbuh kembang janin. Kepuasan pelayanan adalah suatu keadan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan ibu hamil telah terpenuhi dari pelayanan yang telah diberikan oleh petugas kesehatan.

Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelayanan ANC pada ibu hamil dengan tingkat kepuasan ibu hamil di Puskesmas Tabanan II Kabupaten Tabanan Bali. Penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan metode deskriptif analitik menggunakan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu hamil yang bekunjung ke Puskesmas Tabanan II yang berjumlah 42 orang ibu hamil, dan jumlah sampel yang di gunakan juga 42 orang ibu hamil, penelitian ini menggunakan teknik total sampling atau sampling jenuh.

Hasil : Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji korelasi Kendal Tau. Pelayanan ANC pada ibu hamil dengan katagori cukup 18 responden (42,9%), dengan katagori kurang 14 responden (33,3%) dan  katagori baik 10 responden (23,8%), sedangkan tingkat kepuasan pelayanan ANC dengan katagori tidak puas 18 responden (42,9%), dengan katagori biasa 14 responden (33,3%), dan katagori puas ada10 responden (23,8%). Maka dapat disimpulkan bahwa pelayanan ANC pada ibu hamil di Puskesmas Tabanan II Kabupaten Tabanan Bali yang dikatagorikan  cukup dengan tingkat kepuasan tidak puas .

Kesimpulan:    ada hubungan antara pelayanan pelayanan ANC pada ibu hamil dengan tingkat kepuasan pelayanan ANC di Puskesmas Tabanan II Kabupaten Tabanan Bali. Dengan nilai P<0,05, Nilai analisis kendall tau koefisien korelasi

0, 383 dan nilai signifikan (P) = 0,006 dengan taraf kesalahan 5%(0,05).

Kata kunci : Pelayanan ANC, Ibu Hamil, Tingkat Kepuasan Pelayanan
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

6 komentar

  1. selamat malam, saya ingin tahu secara lengkap dari karya tulis ilmiah ini. untuk acuan atau referensi untuk penelitian saya terimakasih


  2. minta tolong kirim saya skripsi ini secara lengkap, sebagai bahan refernsi saya membuat skripsi. terima kasih.


  3. minta tolong kirimin karya tulis ilmiahnya yg lengkap, mengenai “pengaruh pendidikan kesehatan tentang menstruasi terhadap kecemasaan menghadapi menarche pada siswi kelas 5 di SD N giwangan jogjakarta”

    thanks before.


  4. selamat pagi
    saya ingin mengetahui secara lengkap mengenai penelitian ini,,sbg referensi saya untuk penelitian serupa di puskesmas kami
    trmkasih


  5. dear, mohon publish atau kirim ke email saya,penelitian secara lengkap. sebagai acuan sayadalam menyususun penelitian tingkat kepuasan paseien terhadap ANC puskesmas pekutatan. thanx b4..


  6. malam
    saya akan melakukan penelitian di puskesmas tabanan II. saya ingin mengetahui secara lengkap mengenai penelitian hubungan antara pelayanan ANC dengan tingkat kepuasan pada ibu hamil di daerah puskesmas tabanan II sebagai referensi saya.
    terima kasih



Tinggalkan komentar