h1

HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ANTENATAL CARE DENGAN KESIAPAN MENTAL IBU HAMIL TRIMESTER III MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDIRI I TABANAN, BALI

1 Mei 2009

Oleh : Desak Made Firsia Sastra Putri

ABSTRAKSI

Angka kematian ibu (AKI) di Indonesia saat melahirkan tercatat 307 per 100.000 kelahiran hidup. Penyebab langsung yang berkaitan dengan kematian ibu adalah komplikasi pada kehamilan, persalinan dan nifas yang tidak tertangani dengan baik dan tepat waktu. Selain hal tersebut, penyebab lain ialah pengetahuan yang masih kurang tentang antenatal care serta kurangnya kesiapan mental ibu dalam menghadapi persalinannya.

Diketahuinya hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang antenatal care dengan kesiapan mental ibu hamil trimester III menghadapi persalinan di wilayah kerja Puskesmas Kediri I Tabanan, Bali.

Penelitian observasional (non eksperimental) dengan metode deskriptif analitik korelatif. Menggunakan pendekatan waktu cross sectional. Subjek penelitian adalah ibu hamil trimester III yang memeriksakan kehamilan di wilayah kerja Puskesmas Kediri I Tabanan, Bali. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Uji statistik menggunakan rumus Spearman Rho.

Menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan ibu tentang antenatal care dengan kesiapan mental ibu hamil trimester III mengahadapi persalinan di wilayah kerja Puskesmas Kediri I Tabanan, Bali yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan rumus Spearman Rho diketahui bahwa koefisien korelasi yang dihasilkan sebesar 0,421 pada signifikansi 0,016 dimana signifikansi tersebut lebih kecil dari 5% (sig. p 0,016<0,05).

Terdapat hubungan yang positif dan sangat bermakna sebesar 0,421 atau 42,1% antara tingkat pengetahuan ibu tentang antenatal care dengan kesiapan mental ibu hamil trimester III menghadapi persalinan di wilayah kerja Puskesmas Kediri I Tabanan, Bali.

Kata Kunci : Pengetahuan, Atenatal Care, Kesiapan Mental
Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

11 komentar

  1. tolong kak kirimkan ke email saya tentang HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ANTENATAL CARE DENGAN KESIAPAN MENTAL IBU HAMIL TRIMESTER III MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDIRI I TABANAN, BALI. .
    kirim ke email thanks very much


  2. tolong dong saya perlu konsep tentang kesiapan mentalnya dengan cara pengukurannya……thanks


  3. tolong kirimin ke aLmat emailku dong,tentang GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANC. sblumx maks yach.
    urank


  4. tlg dunk kirim ke email saya jurnal kti seputar anc plis. thanks


  5. k’,,,tolong bantuannya.
    krimkan skripsi ini ke emailku,,
    saya sangat butuh,untuk skripsi.mhn bantuannya,


  6. tolong dong kirim kti ke email saya tentang hubungan pengetahuan, pendidikan dan tingkat ekonomi ibu dengan kepatuhan melakukan anc


  7. tolong y bantu kirim ke email saya tentang tingkat pengetahuan ibu hamil primigravida terhadap ANC…secpat.na y…mkhs


  8. Tolong kirim ke e-mail saya skripsi penelitian antenatal care


  9. Tolng Krm KTI dGn jdL yg T’tEra DouNkz…


  10. tolong kirimkan judul karya tulis ilmiah tentang
    HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG ANTENATAL CARE DENGAN KESIAPAN MENTAL IBU HAMIL TRIMESTER III MENGHADAPI PERSALINAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KEDIRI I TABANAN, BAL


  11. tlg dunk bantu krm ke email saya tentang GAMBARAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANC .
    kirim ke email:
    ughie_mom@yahoo.co.id

    secepatnya .
    makasih .



Tinggalkan komentar