h1

HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG SENAM HAMIL DENGAN FREKUENSI SENAM HAMIL PADA IBU HAMIL DI RUMAH SAKIT KHUSUS IBU DAN ANAK BHAKTI IBU YOGYAKARTA

1 Mei 2009

Nani Febriani

ABSTRAKSI

Latar Belakang : Selama kehamilan seorang ibu akan mengalami berbagai perubahan – perubahan baik anatomis maupun fisiologis. Senam hamil merupakan salah satu kegiatan dalam pelayanan selama kehamilan atau prenatal care yang bertujuan untuk  mempersiapkan dan melatih otot-otot sehingga dapat diimanfaatkan secara optimal dalam persalinan normal. Pengetahuan merupakan faktor terbentuknya perilaku. Pengetahuan ibu hamil yang masih rendah menyebabkan ibu hamil tidak mengikuti senam secara teratur.

Tujuan : Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil dengan frekuensi senam hamil.

Metode : penelitian ini adalah penelitian non ekperimen dengan menggunakan rancangan Cross Ssectional, dengan subyek penelitian ibu hamil yang mengikuti senam hamil sebanyak 30 responden di RSKIA Bhakti Ibu Yogyakarta. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 12 dan memakai uji statistik Spearman Rho.

Hasil : Hasil korelasi pengetahuan  dengan frekuensi senam hamil mempunyai hubungan yang bermakna dimana  nilai r= 0,553 dan p<0,05.

Kesimpulan : Ada hubungan bermakna tingkat pengetahuan ibu hamil tentang senam hamil dengan frekuensi senam hamil

Kata Kunci : Tingkat pengetahuan, Frekuensi senam hamil.Ingin dapat lengkapnya hubungi :  stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan anda

4 komentar

  1. bagaimana saya dapat mengetahui tentang skripsi ini dengan lengkap???tolong muat dalam email saya….


  2. bagaimana saya mengetahui tentang skripsi ini dengan data yang lengkap ?????
    mint tolong muat dalam email saya


  3. bagai mana saya bisa mengetahui tentang sipkripsi ini dengan data yang selengkap-lengkap nya..??
    tolong muat kan dalam E-mail saya..!!!!


  4. penulis yang terhormat saya minta bantuan tentang latar belakang tentang senam hamil



Tinggalkan komentar