h1

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN, SIKAP IBU DENGAN KETEPATAN WAKTU PEMBERIAN IMUNISASI HEPATITIS B-1 DI DESA BLEBERAN KECAMATAN PLAYEN KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2008

3 Mei 2009

Oleh : Suratmi

ABSTRAKSI

Latar belakang masalah perilaku terhadap imunisasi bayi merupakan perilaku yang dipelajari. Hal ini berarti ada pihak yang berperan dalam proses pembelajarannya. Pengetahuan dan sikap ibu tentang imunisasi hanya mempengaruhi, tetapi tidak menentukan secara mutlak terhadap perilaku ibu untuk imunisasi bayi.

Tujuan penelitian adalah diketahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan ketepatan waktu pemberian imunisasi HB-1. Jenis penelitian ini adalah non eksperimental dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian sebanyak 86 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu dengan kuesioner. Analisa data menggunakan korelasi Pearson.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu memiliki pengetahuan kategori tinggi,untuk sikap ibu memiliki sikap sedang. Ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan, sikap ibu dengan ketepatan waktu pemberian imunisasi HB-1.

Kata kunci ; pengetahuan, sikap, ketepatan.

Ingin mendapatkan lengkapnya hubungi : stikes_smart@ymail.com atau tinggalkan pesan Anda

10 komentar

  1. asS, Mba saya req judul Proposal/skipsi hubungan pengetahuan ibu tentang imunisasi HB 0-7 hari ???


  2. Assalamu’alaikum wr.wb.
    Judulnya hampir mirip dengan KTI yang sya ambil, boleh tolong krimin gak supaya jadi dasar pembelajaran dalam menyusun KTI…???
    Makasieeee sebelumnyaaaa….


  3. assalamualaikum w w bisa minta tolong mbak hasil skripsi ke saya karena saya akan mumbuat judu tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kepatuhan ibu dalam pemberian imunisasi hb 0-7 hari terima kasih atas bantuan mbak wassalam


  4. assalmu’alaikum mba…
    saya tertarik membaca judul skripsi yg atas,,
    maaf sblm nya bisa di kirim ke email saya..
    karna saya juga ingin mengangkat tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi hepatitis B pd BBL,,,
    lumayan untuk gambaran KTI sya…
    thx b4 ^____^


  5. assalamualaikum………
    subhannallah..
    sukron mbak…..
    saya terbantu dgn adnya skripsi mbak ini……
    mbak saya boleh mintabantuannya?
    saya juga membuat karya tulis ilmiah yang judulnya
    ” gambaran pengetahuan dan sikap ibu terhadap pemberian imunisasi Hepatitis B pada bayi usia 0-7 hari”
    saya minta dengan kerendahan hati mbak
    untuk membimbing saya,

    terimakasi mbak
    semoga ALLAH selalu melindungi Mbak dalam setiap langkah


  6. mbak maw minta tolong… bisa g ngirimin contoh kti dengan jdul hubungan pengetahuan ibu dengan kepatuhan pemberian imunisasi… tolong y mbak..
    ingung banget buwat kti…
    mksih sebelumnya…


  7. assalamu alaikum
    bisa minta tolong mbak hasil karyanya dikirim ke saya karena saya juga akan mengankat judul tentang hepatitis. terimakasih banyak n mhon bantuannya. imaryani.


  8. ass… bisa minta jurnal penenlitian tentang yang ada pada halaman tg diatas dn bisa dikirmkan…makasi..wassalm


  9. selamat malam mbak..
    mbk mau minta tolong ni saya mahasiswa akbid salatiga sedang KTI yang judul saya hampir mirip tolong dari bab I sampai V karena bisa dijadikan keaslian peneliti…
    sebelumnya terimakasih


  10. judul skripsinnya… hampir mirip dengan juduk saya..bisa nich..di jadikan keaslian penelitian………he…mb boleh donk kapan2 konsultasi he…



Tinggalkan komentar